counter

Topan dan panas yang menyengat melanda AS Selatan

Topan dan panas yang menyengat melanda AS Selatan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (ketiga kanan) mendapat pelukan dari warga yang selamat disaksikan Ibu Negara Melania Trump (kiri) saat mengunjungi lokasi terdampak angin tornado di Beauregard, Alabama, Amerika Serikat, Jumat (8/3/2019) (ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Theiler/ws)

Florida (ANTARA) - Panas yang menyengat, topan dan kemungkinan angin puting beliung diperkirakan menerjang Southern Plains dan negara bagian di AS Tenggara pada Hari Peringatan setelah serangkaian banjir dan tornado mematikan di wilayah tersebut.

Temperatur sekitar 38 Derajat Celsius diprakkirakan di kota besar di Jacksonville, Florida, sampai ke arah tenggara ke Macon dan Savannah Georgia, dan terus ke Charleston, South Carolina, kata National Weather Service.

"Ini super panas buat tahun ini," kata John Deese, petugas prakiraan cuaca NWS di Peachtree, Georgia di dekat Atlanta, sebagaimana dikutip Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin petang.

"Ini adalah gelombang panas di selatan, dan ini akan berada di sini untuk sementara," kata Deese. Ia memperkirakan temperatur tinggi sepanjang pekan dan temperatur diperkirakan tetap tinggi di iwlayah tersebut.

Resiko tornado kuat sedang tapi tetap mungkin terjadi sepanjang pekan buat negara bagian Plains di bagian tenggara Amerika Serikat, yang sudah diterjang angin puting beliung mematikan pekan lalu, kata para petugas prakiraan cuaca.

Tornado sangat kuat yang paling akhir menewaskan dua orang di El Reno, Oklahoma, Sabtu larut malam, melukai sedikitnya 29 orang, dan membuat ratusan orang kehilangan rumah, kata para pejabat.

Empat orang lagi meninggal akibat topan yang sama di Oklahoma, demikian laporan CNN pada Ahad.

Sumber: Reuters
Baca juga: Tornado terjang Birmingham, Alabama
Baca juga: Tornado terjang Oklahoma, lebih dari 30 orang cedera

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Calhaj harus waspadai dehidrasi saat di Tanah Suci

Komentar