counter

Takbiran meriah di perbatasan

Takbiran meriah di perbatasan

Ilustrasi - Arak-arakan takbir keliling warga Kota Semarang, Jawa Tengah, dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. (ANTARA/Wisnu Adhi)

Nunukan (ANTARA) - Puluhan kendaraan roda empat hingga roda delapan meramaikan malam takbiran di wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Asisten Pemerintahan Muhammad Amin, mewakili Bupati, melepas peserta malam takbir di Halaman Islamic Center Hidayaturrahman Kelurahan Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan, Selasa malam.

Sebanyak 45 kendaraan hias dan ratusan sepeda motor dari berbagai komunitas di daerah perbatasan memeriahkan acara Pemkab Nunukan ini yang dimulai pukul 20.30 wita.

Puluhan kendaraan yang berhias dengan nuansa Islami ini menggelar pawai hingga ke Kecamatan Nunukan. "Pawai takbir keliling tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain jumlah peserta ratusan kendaraan, iring-iringan pawai melewati dua kecamatan yakni Nunukan dan Nunukan Selatan," kata Amin.

Ia menyatakan, pelaksanaan malam takbir kali ini sangat meriah dengan banyaknya kendaraan hias yang ikut.

Selain itu, antusiasme masyarakat di perbatasan sangat tinggi mengikuti acara ini. "Tahun ini sangat meriah. Peserta dan masyarakat sangat antusias berpartisipasi. Atas nama pemerintah daerah, kami ucapkan terima kasih," kata dia.

Pelaksanaan takbir keliling ini berjalan lancar berkat pengawalan ketat yang dilakukan gabungan aparat keamanan dari TNI, kepolisian dan satuan polisi pamong praja serta dinas perhubungan Kabupaten Nunukan.

Selain di Pulau Nunukan, takbir akbar dengan pawai keliling ini juga digelar di Pulau Sebatik.

Pawai menyambut lebaran Idul Fitri 1440 H ini di Pulau Sebatik juga diikuti puluhan kendaraan mobil dan sepeda motor.*


Baca juga: Warga Kota Semarang gelar takbir keliling sambut Lebaran

Baca juga: Masyarakat Karawang takbir keliling sambut Lebaran

Pewarta: Rusman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sambut lebaran, Pemkab Banggai pawai obor keliling kota

Komentar