counter

Malam ini terjadi arus balik di kawasan Pantura Lamongan

Malam ini terjadi arus balik di kawasan Pantura Lamongan

Suasana kepadatan kendaraan saat arus balik di pintu jalan tol. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/ama).

Kawasan ini menjadi langganan kepadatan setiap tahun, dan kami telah siapkan pembatas jalan serta petugas siaga agar memperlancar arus lalu lintas di kawasan itu,
Lamongan, Jawa Timur (ANTARA) - Kasatlantas Polres Lamongan, Jawa Timur, AKP Argya Satria Bhawana mengatakan malam ini arus lalu lintas di kawasan pantai utara (Pantura) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur mengalami kepadatan, khususnya yang mengarah ke Surabaya.

"Kami memang memprediksi, untuk arus balik di kawasan Pantura, Kabupaten Lamongan akan terjadi malam ini dan Minggu (9/6) besok, dengan dominasi kendaraan roda empat khususnya yang mengarah ke Surabaya," ujarnya saat dikonfirmasi di Lamongan, Sabtu.

Ia mengimbau kepada pemudik yang akan melakukan arus balik untuk mewaspadai beberapa titik kepadatan di jalur Pantura Lamongan, seperti Kawasan Babat Lamongan, tepatnya Pasar Babat.

"Kawasan ini menjadi langganan kepadatan setiap tahun, dan kami telah siapkan pembatas jalan serta petugas siaga agar memperlancar arus lalu lintas di kawasan itu," tambahnya.

Selain itu, juga di kawasan Timur dan Barat Kabupaten Lamongan karena adanya jalur rel kereta api yang melintas memotong jalan raya, sehingga dipastikan akan ada antrean kendaraan, seperti di sekitar Stadion Surajaya, Kabupaten Lamongan.

Terkait dominasi arus lalu lintas, Argya mengemukakan untuk kawasan Pantura didominasi kendaraan roda empat, namun untuk kawasan kota pada umumnya didominasi roda dua.

Ia menjelaskan, secara umum arus mudik dan balik di jalur Pantura Lamongan relatif aman dan lancar, dengan kepadatan lalu lintas turun 68 persen dibanding tahun 2018.

Turunnya kepadatan kendaraan di Pantura, lanjut dia karena sebagian besar kendaraan pemudik menggunakan Tol Trans Jawa, sehingga mengurangi beban kendaraan yang melintas di kawasan Pantura, khususnya Lamongan dan sekitarnya.

"Adanya Tol Trans Jawa mengurangi beban lalu lintas di kawasan Pantura, karena sebagian besar pemudik melewati tol, sehingga kepadatan arus lalu lintas juga turun," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar