counter

Prodi Ilmu Hukum ULM sediakan 261 kursi untuk SBMPTN

Prodi Ilmu Hukum ULM sediakan 261 kursi untuk SBMPTN

Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Dr Aminuddin Prahatama Putra. (antara/foto/firman)

Pendidikan Dokter juga lumayan 63 kursi. Selebihnya berkisar antara 30 sampai 55 kursi. Sedangkan yang terkencil Prodi Pendidikan Luar Biasa hanya 19 kursi,
Banjarmasin (ANTARA) - Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyediakan 261 kursi untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Dr Aminuddin Prahatama Putra mengatakan, Prodi Ilmu Hukum menjadi terbanyak untuk kuota di jalur SBMPTN tahun ini.

"Tentu ini kabar gembira bagi calon mahasiswa yang berminat kuliah di Fakultas Hukum, karena peluangnya juga besar untuk bisa masuk," terangnya di Banjarmasin, Kamis.

Selain itu, sejumlah fakultas lainnya di ULM juga menyediakan kursi cukup besar. Seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 149 kursi dan Pendidikan Guru PAUD 93 kursi.

Kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Prodi Manajemen 98 kursi, Prodi Akuntansi 97 kursi, dan Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan 76 kursi.

"Pendidikan Dokter juga lumayan 63 kursi. Selebihnya berkisar antara 30 sampai 55 kursi. Sedangkan yang terkencil Prodi Pendidikan Luar Biasa hanya 19 kursi," papar Aminuddin mewakili Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi.

Adapun untuk kuota di jalur SBMPTN, ULM menyiapkan 3.076 kursi tahun ini. Dimana dalam aturan, minimal 40 persen dari total daya tampung mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 yaitu 5.930 orang.

"Sebanyak 1.164 orang sudah diisi jalur SNMPTN lalu. Setelah SBMPTN, nanti sisanya ditampung di jalur mandiri yang aturannya maksimal 30 persen dari total daya tampung keseluruhan," sebut pria yang sebelumnya menjabat Ketua Program Studi Pendidikan Biologi FKIP ini.

Dia juga mengungkapkan jika sistem di SBMPTN hanya mengacu pada daya tampung masing-masing prodi, bukan passing grade. Sebagai contoh Prodi Ilmu Hukum 261 kursi, artinya peserta atau pendaftar yang memilih prodi tersebut akan diranking berdasarkan skor UTBK masing-masing sehingga didapatkan 261 orang teratas yang lulus. Sementara selebihnya dipastikan gugur.

SBMPTN 2019 dibuka pendaftarannya mulai 10 Juni hingga 24 Juni 2019 di laman http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Universitas Lambung Mangkurat sebagai satu dari 73 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), menyediakan 63 prodi S1 di 11 fakultas.

Untuk pengumuman hasil yang diterima pada 9 Juli 2019 pukul 16.00 WITA oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui laman resminya https://ltmpt.ac.id/.

Pewarta: Firman
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar