counter

Produk Automation Robotic Indonesia Bersaing di Pasar Meksiko

Produk Automation Robotic Indonesia Bersaing di Pasar Meksiko

Duta Besar Indonesia, Cheppy T. Wartono saat Pameran ExpoPack yang digelar di kota Guadalajara, Meksiko pada tanggal 11 – 13 Juni 2019. (ANTARA / Azis Kurmala)

Jakarta (ANTARA) - Produk automation robotic atau mesin otomatisasi yang digerakkan oleh robot hasil karya anak bangsa bersaing di pasar Meksiko dengan maraknya peminat pada Pameran ExpoPack yang digelar di kota Guadalajara, Meksiko pada tanggal 11 – 13 Juni 2019.

Produk yang diminati khususnya oleh pengusaha minuman dan makanan setempat antara lain linear liquid filling dan wide hygiene conveyer (designed by order), berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI Mexico City di Jakarta, Sabtu.

Tiga perusahaan Indonesia yaitu PT. Packaging Integra Center (PIC), PT Prima Makmur Rotokemindo (PMR), dan Charta Global (anak perusahaan Asia Pulp & Paper/APP) turut berpartisipasi pada pameran tahunan internasional bertema inovasi di bidang pengolahan dan pengemasan terbesar di kawasan Amerika Latin ini.

Partisipasi PT. PIC pada ExpoPack 2019 merupakan yang kedua kalinya setelah tahun lalu mengikuti pameran serupa di Mexico City.

PIC telah memiliki sejumlah klien di Meksiko dan sedang memfinalisasi kontrak bisnis dengan perusahaan di Tijuana.

Sementara itu PT. PMR dengan kapasitas produksi kemasan plastik 1, 5 juta meter per hari turut serta dalam pameran ini dengan target mencari mitra, khususnya produsen cheese atau frozen pizza dimana PMR mampu memproduksi kemasan untuk kedua produk dimaksud.

Perusahaan yang telah memiliki pelanggan domestik pengemasan mie instan, permen, makanan ringan, kopi, biskuit, dan produk kertas ini telah menjalin bisnis dengan perusahaan mie instan terbesar di Amerika Serikat, Maruchan yang produknya mendominasi pasar Meksiko.

APP yang baru pertama kali berpartisipasi dalam ExpoPack mengusung konsep produk kemasan berbahan dasar kertas. Supplier kertas APP, Proveedora Papelera Kino turut hadir memamerkan beberapa produk ramah lingkungan yang sudah dipasarkan seperti wadah biodegradable Foodpack Bio Natura Cups.

"Saya bangga pengusaha Indonesia sudah berani jajaki pasar alternatif di Amerika Latin. Saya yakin kualitas produk-produk kita sangat mampu bersaing dengan produk serupa dari negara lain di kawasan ini," ungkap Dubes Cheppy.

ExpoPack mempertemukan pelaku industri di bidang pengemasan dan pengolahan berbagai varian industri manufaktur, seperti makanan dan minuman, kosmetik, kimia, otomotif, pembuatan wadah, elektronik, farmasi, permen, roti, seni grafis dan tekstil.

Pengunjung ExpoPack 2019 ditarget berjumlah 16.000 potential buyers, khususnya dari kawasan Amerika Latin, AS dan Kanada. Sekitar 700 stand perusahaan memamerkan produk-produk dengan teknologi terbaru yang ramah lingkungan.
 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Eliswan Azly
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar