BKKBN tingkatkan kesertaan KB-kesehatan reproduksi peringati Harganas

BKKBN tingkatkan kesertaan KB-kesehatan reproduksi peringati Harganas

Masyarakat berkonsultasi sebelum melakukan pemasangan KB metode IUD atau implan di kantor BKKBN Jakarta, Kamis (27/6/2019) dalam acara Bakti Sosial BKKBN dalam memperingati Hari Keluarga Nasioan . (Dok BKKBN)

Jakarta (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) berupaya meningkatkan angka kesertaan program KB dan kesadaran masyarakat akan kesehatan reproduksi melalui bakti sosial dalam rangkaian acara peringatan Hari Keluarga Nasional ke-26.

"Ini sebagai rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional di kantor BKKBN Pusat. Ada beberapa pelayanan yang kita berikan ke masyarakat, terutama masyarakat sekitar," kata Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Dwi Listyawardani di kantor BKKBN Jakarta, Kamis.

Kegiatan Bakti Sosial yang diadakan BKKBN tersebut diantaranya pemasangan KB metode IUD dan implan, pemeriksaan Pap Smear dan tes IVA untuk pencegahan dini kanker serviks, donor darah, serta sunatan massal.

Kegiatan fasilitasi pelayanan KB diperuntukkan bagi perempuan usia subur di sekitar Kantor BKKBN pusat dengan target peserta 50 akseptor KB metode kontrasepsi jangka panjang dengan IUD dan implan.

Deteksi dini kanker alat reproduksi melalui pelayanan Pap Smear dan tes IVA ditujukan bagi wanita berusia 23 – 62 tahun sebanyak 66 orang di Kantor BKKBN Pusat Jakarta. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menurunkan resiko penyakit Kanker Leher Rahim.

Khitanan massal bekerja sama dengan Puskes TNI sebagai salah satu pendekatan ketahanan keluarga yaitu Keluarga Peduli dan Berbagi. Peserta kegiatan ini merupakan anak dari karyawan BKKBN dan masyarakat sekitar sebanyak 50 anak di Kantor BKKBN Pusat.

Sementara kegiatan donor darah bekerja sama dengan mitra kerja Palang Merah Indonesia (PMI). Diharapkan mampu memenuhi ketersediaan cadangan darah dengan target sebanyak 150 kantong darah dari karyawan BKKBN Pusat, masyarakat sekitar, dan mitra kerja seperti TNI, kementerian-lembaga lainnya.

Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diperingati setiap tanggal 29 Juni setiap tahunnya akan diadakan acara puncak di Kota Banjar Baru Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 6 Juli 2019.

Baca juga: Puan menekankan pentingnya pendidikan rohani anak

Baca juga: Harganas usung tema "Cinta Keluarga Cinta Terencana"


Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Harganas, momentum wujudkan keluarga sejahtera

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar