counter

Laporan dari Osaka

Korsel sambut baik tinjauan ASEAN tentang Indo-Pasifik

Korsel sambut baik tinjauan ASEAN tentang Indo-Pasifik

Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korsel Moon Jae-in di sela KTT G20 di Osaka Jepang, Jumat (28/6/2019). ANTARA (Agus Salim)

Osaka (ANTARA) - Korea Selatan menyambut baik tinjauan ASEAN mengenai Indo-Pasifik dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, di sela KTT G20 di Osaka, Jepang pada Jumat.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, di Osaka Jepang, menjelaskan, Korea Selatan mendukung outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik tersebut.

Indo-Pasifik yang baru saja disepakati para pemimpin ASEAN dalam KTT ke-34 ASEAN di Thailand pada 22 Juni 2019 merupakan konsep kerja sama negara-negara sepanjang Samudrea Hindia dan Samudera Pasifik dalam hal peningkatan kerja sama dengan mengedepankan prinsip keterbukaan dan penghormatan terhadap hukum internasional.

Pula baca: Jokowi bersama pemimpin G20 akan hadiri pertunjukan budaya Jepang

Pula baca: Pemimpin G20 didesak cela "serangan kejam" Jepang terhadap ikan paus

Pula baca: Indonesia-Jepang bahas penyelesaian kerja sama ekonomi

Di awal pertemuan, Moon menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi atas terpilihnya kembali sebagai presiden untuk masa jabatan kedua (2019-2024)

Kedua presiden juga membahas mengenai tindak lanjut kunjungan Jokowi ke Seoul, antara lain di bidang industri pertahanan strategis (kapal selam); investasi di bidang entertainment dan pakan ternak; serta perluasan produksi garmen.

Kedua presiden sepakat agar negosiasi Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) dapat diselesaikan sebelum 2019 berakhir.

Masih terkait dengan kemitraan ekonomi, Jokowi dan Moon memberikan perhatian besar terhadap perundingan RCEP dan berharap negosiasi dapat diselesaikan akhir 2019.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden Jokowi upayakan rezim perpajakan adil di era digital

Komentar