counter

Laporan dari Kuala Lumpur

Indonesia ikut Malaysia International Travel Mart di Penang

Indonesia ikut Malaysia International Travel Mart di Penang

Tim Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan tamu dalam Malaysia International Travel Mart (MITM) Penang yang dilaksanakan pada 6 – 7 Juli 2019 di Setia SPICE Arena Penang (Foto ANTARA / Nurdiansyah) (1)

Pastinya Penang sendiri merupakan pangsa pasar yang potensial bagi Indonesia
Kuala Lumpur (ANTARA) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali menggelar promosi pariwisata di Malaysia melalui Malaysia International Travel Mart (MITM) Penang yang dilaksanakan pada 6 – 7 Juli 2019 di Setia SPICE Arena Penang yang merupakan salah satu sport center terbesar di Penang.

"Pastinya Penang sendiri merupakan pangsa pasar yang potensial bagi Indonesia," ujar Kasubbid Area IV/A (Malaysia Peninsula) Regional II Nurdiansyah ketika dihubungi dari Kuala Lumpur, Malaysua, Senin.

MITM Penang diselenggarakan oleh Malaysian Chinese Tourism Association (MCTA) Chapter Penang yang merupakan pameran pariwisata yang bersifat consumer show (B to C) dengan target untuk menggaet calon wisatawan kalangan Tionghoa dalam mencari alternatif tujuan wisata ke luar negeri.

Dia mengatakan promosi Wonderful Indonesia di luar negeri khususnya pasar Malaysia memang terus gencar dilakukan oleh Kemenpar dalam rangka merealisasikan pencapaian target kunjungan 3,4 juta (17 persen) kunjungan wisman Malaysia dari total target 20 juta kunjungan wisman dari seluruh dunia tahun 2019 ini. Oleh karena itu Malaysia menjadi salah satu fokus pasar pariwisata Indonesia, sehingga digelar MITM Penang 2019.

Berdasarkan Berita Resmi Statistik (BRS) dari Badan Pusat Statistik (BPS) wisatawan mancanegara dari Malaysia yang berkunjung ke Indonesia pada Januari - Mei 2019 masih bertahan menduduki peringkat pertama dengan capaian 1,3 juta (20 persen) dari total capaian wisman dari seluruh dunia sebesar 6,37 juta, atau tumbuh 23 persen dari capaian periode yang sama tahun 2018 lalu.

Paviliun Wonderful Indonesia pada MITM Penang 2019 kali ini mengusung tema Sumatera Utara, di mana konstruksi, dekorasi, dan ornamen tambahan lainnya terinspirasi dari rumah adat Sumatera Utara. 

Kemenpar juga melibatkan beberapa pihak yang ikut bekerjasama antara lain Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) dan KJRI Penang untuk memaksimalkan promosi pariwisata terbesar di Penang ini.

"Hadirnya Kemenpar pada MITM Penang 2019, mendapat apresiasi khusus dari pihak penyelenggara, Indonesia dinobatkan menjadi Preferred Destination sehingga branding Wonderful Indonesia tampil di setiap materi promosi event tersebut," katanya.

Paviliun Indonesia juga dipilih untuk dikunjungi oleh Pejabat Ketua Menteri Pulau Pinang, The Lai Heng bersama tamu VIP lainnya. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh pimpinan delegasi Kemenpar Adella Raung dan Konsul Jenderal RI di Penang Iwanshah Wibisono.

Pada MITM 2019 kali ini Kemenpar membawa 10 industri pariwisata yang terdiri dari delapan travel agent dan dua industri akomodasi dari Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bali, Banten, dan Jambi sebagai representatif Indonesia,  yaitu PT  Sedona Holidays Medan, PT Efata Indonesia Tour & Travel, PT.Aurora Wisata Internusa, Taman Simalem Resort, Le Polonia Hotel & Convention, PT Limpapeh Tour & Travel, PT  Aquavita Tour & Travel, PT Siwoon Travel, PT Merrys Tour Bali, dan PT Lovin Tours Indonesia

Mereka semua menawarkan paket-paket wisata ke Indonesia dengan beragam pilihan paket yang menarik.

"Untuk memperkuat promosi Sumatera kepada kalangan Chinese Penang, Kemenpar juga membawa serta barista dari Medan yang pandai berbahasa Mandarin dan Inggris, sehingga pengunjung dapat lebih memahami filosofi kopi Indonesia yang dibawa," kata Nurdiansyah.

Kemenpar juga menampilkan kesenian tari tradisional pada panggung utama MITM Penang 2019 maupun di paviliun Wonderful Indonesia antara lain Tari Pendet (Bali), Tari Burung Enggang (Kalimantan), Tari Lenggang Pertiwi (Jakarta), Sisikbatumanikam (Batak), Perusi dan Medley Nusantara, Tari Semarak, Tor tor Naposo, Tari Haroan dan Tari Andiko.

"Kemenpar juga kembali membawa Miss Tourism International 2018/2019 Astari Indah Vernideani untuk menambah daya magnet untuk pengunjung ke paviliun Indonesia," katanya.

Promosi Wonderful Indonesia di Penang juga semakin kuat dengan adanya berbagai rute penerbangan langsung dari Penang ke Indonesia, seperti Penang-Aceh, Penang-Medan, Penang-Jakarta, serta Penang-Surabaya.

Baca juga: Pembenahan Bunaken, Presiden Jokowi ingin didesain dengan baik

 

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Manado-Davao, Kemenpar gandeng 17 agen perjalanan Manila

Komentar