Satu orang calon jemaah haji membatalkan diri berangkat ke tanah suci, karena sakit,
Pangkalpinang (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan tengah bersiap memberangkatkan 272 orang calon jemaah haji (CJH) untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

"Seluruh persiapan keberangkat jemaah haji sudah 100 persen dan siap diberangkatkan ke tanah suci," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim di Pangkalpinang, Senin.

Ia menambahkan jumlah total CJH tahun ini yang terdaftar sebanyak 273 orang dan akan diberangkatkan 272 orang dari Kota Pangkalpinang menuju embarkasi Palembang, Sumatera Selatan pada 14 Juli 2019.

Baca juga: Kemenkes: Tim kesehatan haji disebar untuk layani jamaah

"Satu orang calon jemaah haji membatalkan diri berangkat ke tanah suci, karena sakit," ujarnya.

Menurut dia pelepasan CJH nanti akan dilepas oleh Wali Kota Pangkalpinang di rumah dinasnya pada 10 Juli 2019.

"Pelepasan CJH ini oleh wali kota, karena dirinya ingin menghargai calon tamu-tamu Allah SWT. Nantinya wali kota akan mengajak seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat pada kegiatan pelepasan itu," jelasnya.

Baca juga: 2 KKHI di Arab Saudi siap layani jamaah

Ia menambahkan secara keseluruhan tahun ini pemerintah mendapat penambahan kuota haji sebanyak 10.000 orang dan dibagikan ke sejumlah daerah.

"Tahun ini kita juga kebagian kuota. Tahun lalu kuota kita sebanyak 222 orang dan tahun ini ada penambahan 50 orang menjadi 272 orang," katanya.

Ia berharap seluruh masyarakat mendoakan CJH selalu dalam keadaan sehat dan diberi keselamatan baik saat pergi hingga pulang.

Baca juga: Pertamina siapkan tambahan avtur untuk penerbangan haji 2019

Pewarta: Aprionis
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019