counter

Kementerian Pertanian remajakan 15.259 hektare sawit di Aceh

Kementerian Pertanian remajakan 15.259 hektare sawit di Aceh

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh Hanan. (ANTARA/Irman Yusuf)

Kita berharap bupati proaktif melakukan identifikasi lahan sawit yang tidak berproduksi lagi
Banda Aceh (ANTARA) - Kementerian Pertanian akan meremajakan 15.259 hektare kebun sawit rakyat yang tersebar di Provinsi Aceh pada 2019, kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh Hanan.

“Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian telah mengalokasikan dana sebesar Rp381,475 miliar untuk mereplanting 15.259 hektare kebun sawit di Provinsi Aceh pada tahun 2019,” kata Hanan di Banda Aceh, Senin.

Kabupaten yang telah mengajukan peremajaan kebun sawit, kata dia  meliputi, Aceh Tamiang, Aceh Utara, dan Nagan Raya. Pihaknya berharap, pemerintah daerah lain segera mengusulkan peremajaan kebun sawit rakyat yang tidak berproduksi lagi.

“Kuota peremajaan berpeluang ditambah dan kami telah menyurati pemerintah daerah untuk mengusulkan replanting kebun sawit rakyat yang tidak berproduksi lagi,” katanya.

Ia menjelaskan, dana peremajaan kebun sawit tersebut bersumber dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang dipungut dari hasil ekspor minyak sawit mentah dan penggunaan dana pungutan ekspor minyak sawit itu dikembalikan lagi untuk petani.

“Ya, kita berharap bupati proaktif melakukan identifikasi lahan sawit yang tidak berproduksi lagi dan mengusulkan replanting ke kita dan kita bisa mengusulkan tambahan replanting ke Ditjen Perkebunan,” ujar Hanan.

Lebih lanjut ia menyatakan, pada 2018 Kementerian Pertanian melalui Koperasi Produsen Mandiri Jaya Beusare di Kabupaten Aceh Barat telah mengucurkan dana sesebar Rp75 miliar untuk mereplanting 3.004 hektare kebun sawit rakyat.

“Pada tahun 2018 Aceh mendapat kuota replanting kebun sawit rakyat yang tidak produktif lagi seluar 3.004 hektare dan itu telah dilakukan replanting di Kabupaten Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat, dan Aceh Tamiang. Biaya replanting per hektare Rp25 juta,” ungkapnya.

Ketua Koperasi Produsen Mandiri Jaya Beusare Kabupetan Aceh Barat Zamzami yang dikonfirmasi terkait peremajaan kebun sawit rakyat tersebut mengakui pada tahap pertama tahun 2018 pihaknya telah meremajakan seluas 142 hektare kebun sawit rakyat.

"Jumlah kebun sawit rakyat yang diremajakan di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, 142 hektare dengan jumlah petani 89 orang," sebut Zamzami.

Dan tahun ini kami telah mengusulkan peremajaan kebun sawit rakyat seluar 483 hektare dengan jumlah petani 219 orang," tambah Ketua Koperasi Produsen Mandiri Jaya Beusare.

Baca juga: Pejabat Kedubes Iran: minyak sawit Aceh berpeluang diekspor ke Iran
Baca juga: 1.532 hektare sawit di Aceh Utara diremajakan
Baca juga: 2.830 hektare kebun kelapa sawit di Agam akan diremajakan

Meremajakan Kebun Sawit Tingkatkan Panen CPO

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar