Boyolali (ANTARA) - Satu lagi calon hajij asal Kabupaten Temanggung Jawa Tengah batal diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Surakarta tahun ini, karena diketahui sedang hamil enam minggu.

Juru bicara Humas Panitia Pengelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Afief Mundzir, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis, mengatakan calon haji asal Temanggung tersebut, yakni Adi Kurniawati Supangyo (33) tergabung kloter 13, sehingga jumlahnya ada tiga orang yang dibatalkan berangkat.

Calhaj yang diketahui hamil dari hasil pemeriksaan oleh Tim Dokter PPIH, sebelumnya, yakni Suparmi Manto Mulyono (42) asal Klaten tergabung kloter 10. Calhal ini, diketahui dengan usia kehamilan juga sekitar 6 minggu sehingga harus dipulangkan. Satu pendampingnya, atau suami, Riyadi Kasimin (42), akhirnya juga mundur atau batal berangkat.

Baca juga: Calhaj asal Klaten dipulangkan karena hamil

Afief mengatakan calhaj yang diizinkan berangkat ibadah haji ke Tanah Suci  yang memiliki usia kehamilan sekitar 6 bulan ke atas, sedangkan usia 6 minggu masih berisiko tinggi untuk keselamatan janinnya.

"Kehamilan usia di bawah 14 minggu dan di atas 26 minggu yang tidak diizinkan berangkat berhaji. Karena, berisiko di atas ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut yang kadar oksigennya rendah dan waktu perjalanan juga cukup lama ," kata Afiet.

Menyinggung calhaj hamil yang bisa lolos ke asrama haji Donohudan, Afief menjelaskan, karena saat pemeriksaan terakhir di daerah mereka belum terdeteksi kehamilannya.

Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Surakarta hingga kini telah memberangkatkan sebanyak 15 kloter dengan total 5.379 calhaj dari total 34.940 calhaj terbagi menjadi 97 kloter.

Menurut dia calhaj yang tertunda berangkat ke Tanah Suci bersama rombongan kloternya ada lima karena sakit saat tiba di asrama haji Donohudan Boyolali.

"Lima calhaj ini, tertunda karena dirujuk ke rumah sakit di Dr. Moewardi Solo sebanyak tiga orang dan RS TNI AU dua orang," katanya.

Calhaj Embarkasi Surajkarta yang dirujuk RSU Dr. Moewardi Solo yakni Rudiyanto Soetopo Warno (65) asal Kota Surakarta tergabung kloter 12, Sarengat Redjo Pawiro )79) asak Klaten kloter 9, Ispandi Jamari (65) asal; Temanggung kloter 14, sedangkan di RS TNI AU yakni Wasiawasiah Dullah (67) asal Temanggung Kloter 16, dan Juwandi Wartomo Rejo (52) asal Temanggung kloter 17.

"Lima calhaj ini, jika sudah mendapat rekomendasi dari dokter yang merawat, mereka akan diberangkatkan dengan kloter selanjutnya," katanya. 

Baca juga: Hamil, seorang calhaj dipulangkan ke kampungnya
Baca juga: PPKH Embarkasi Surabaya pulangkan seorang calhaj hamil

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019