counter

Pemprov DKI beberkan strategi atasi pencemaran udara

Pemprov DKI beberkan strategi atasi pencemaran udara

alah satu kawasan di Jakarta. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc).

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga berupaya meningkatkan integrasi ruang terbuka hijau dengan jalur pedestrian,
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan telah membuat sejumlah strategi untuk mengatasi pencemaran udara di DKI Jakarta.

"Pemprov selalu berusaha meningkatkan perbaikan kualitas udara di DKI Jakarta. Karena kita semua peduli terhadap kondisi kualitas udara di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta, kata Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Agung Pujo Winarno dalam acara talkshow mengenai Kualitas Udara DKI Jakarta, di Jakarta, Jumat.

Dia menyebutkan strategi-strategi yang dimaksud di antaranya dengan meningkatkan layanan angkutan umum massal, mulai dari MRT yang fase keduanya juga sedang berjalan dan kendaraan umum massal lainnya.

Baca juga: Kadis LH beri tips gaya hidup beremisi rendah untuk warga ibu kota

Strategi berikutnya adalah dengan meningkatkan perlengkapan uji emisi kendaraan bermotor dan penambahan ruang hijau serta penanaman pepohonan yang dapat menyerap PM 2,5 di udara yang dikeluarkan oleh sebagian besar dikeluarkan oleh asap kendaraan bermotor.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga berupaya meningkatkan integrasi ruang terbuka hijau dengan jalur pedestrian.

Karena itu, Pemprov DKI berharap masyarakat bisa mulai beralih menggunakan kendaraan umum massal seiring dengan peningkatan jalur pedestrian yang nyaman bagi warga.

Agung mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta juga saat ini sedang merencanakan pengadaan bus TransJakarta dengan bahan bakar listrik.

Strategi-strategi tersebut, kata dia diharapkan dapat mengurangi emisi sehingga dapat meningkatkan kualitas udara di DKI Jakarta.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta canangkan peta jalan atasi pencemaran udara

Talkshow tentang kualitas udara Jakarta digelar sebagai salah satu rangkaian acara yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2019.

Tema yang diusung dalam Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2019 adalah "Biru Langitku, Hijau Bumiku".

Pekan Lingkungan tersebut digelar mulai 11 Juli dan akan berlangsung sampai 13 Juli 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Baca juga: Menteri LHK beberkan upaya keras pemerintah atasi pencemaran udara

 

Langkah Jakarta mengendalikan pencemaran udara

Pewarta: Katriana
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar