Jakarta (ANTARA) - Lapar adalah sinyal alami dari tubuh yang tidak bisa diabaikan, namun seringnya kita memilih camilan untuk mengatasi rasa lapar ini dan kebanyakan tidak sehat.

Berikut ini adalah beberapa camilan sehat yang dapat menyingkirkan rasa lapar dan membatasi keinginan akan makanan yang tidak sehat menurut Boldsky, Selasa.

1. Oatmeal
Oat kayaakan serat yang bila dikonsumsi dapat menjaga kadar glukosa tetap terkendali. Proses pencernaannya yang lambat menjadikan oat sebagai salah satu camilan sehat terbaik yang bisa dikonsumsi terutama di pagi hari untuk membuat Anda kenyang sepanjang hari.

2. Avokad
Avokad kaya akan asam oleat, asam lemak omega-9 monosaturasi yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi kolesterol hingga meningkatkan kesehatan jantung. Ketika avokad dicerna, akan merangsang produksi OEA (Oleoylethanolamide) di usus kecil yang menekan rasa lapar dan akhirnya mengurangi asupan kalori di waktu makan berikutnya.

Kehadiran lemak tak jenuh dalam avokad mengirimkan sinyal kenyang ke otak yang pada gilirannya mempromosikan penurunan berat badan dan menyeimbangkan kadar kolesterol.

3. Salad Hijau
Salad hijau ramah diet dan orang dapat memilikinya setiap saat sepanjang hari sebagai camilan sehat atau sebagai makanan tengah hari. Salad hijau sarat dengan varietas sayuran yang mengandung vitamin A, C, dan K yang membuatnya menjadi camilan sehat untuk mengekang nafsu makan.

Salad hijau meliputi mentimun, bayam, selada Romaine, wortel, lobak, dan sayuran berdaun lainnya bersama dengan bumbu tertentu seperti basil atau peterseli. Tambahkan juga dengan ayam atau salmon panggang, keju, dan biji-bijian karena mereka akan menambah protein dan kalsium ke dalam makanan dan akan memuaskan rasa lapar tanpa membahayakan kesehatan kita.

4. Sup
Sup adalah pilihan ideal untuk makanan ringan. Sup ini mengandung serat, mineral, zat besi, vitamin A, lebih sedikit kalori dan nutrisi lainnya sesuai bahan yang ditambahkan di dalamnya. Para peneliti menyarankan bahwa makan semangkuk sup sebelum makan akan membuat Anda kenyang sehingga Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori nanti.

5. Yoghurt
Yoghurt kaya akan protein, potasium, kalsium bersama dengan banyak vitamin dan mineral. Asam laktat yang terkandung dalam yoghurt membantu menjaga pencernaan tetap terkendali, mencegah berbagai jenis infeksi, dan juga memainkan peran penting dalam mencegah kanker. Dibandingkan dengan produk susu lainnya, yoghurt terbukti efektif dalam menekan nafsu makan dan mengendalikan rasa lapar. Greek yoghurt lebih banyak mengandung protein dan sedikit lemak dibanding dengan yoghurt normal.

6. Jagung rebus
Jagung rebus mengandung banyak serat makanan dan protein sehingga cocok untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Jagung rebus mengandung antioksidan, asam folat, mineral seperti fosfor, kalsium, dan magnesium, dan vitamin C dan A. Ini membuat jagung rebus makanan yang memuaskan dan mengisi perut.

7. Energi bar
Bar energi adalah camilan penambah energi cepat yang dapat dimakan kapan saja. Energi bar mengandung makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Namun Anda harus selektif saat memilih energi bar karena seharusnya tidak mengandung lebih banyak gula atau lemak di dalamnya. Granola bar adalah bar energi terbaik karena sering terbuat dari biji-bijian yang mengandung lebih banyak serat.


Baca juga: Tujuh makanan yang dikira tidak sehat justru menyehatkan
 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019