Pemkab Malang dorong potensi wisata Sumber Maron

Pemkab Malang dorong potensi wisata Sumber Maron

Ilustrasi - Salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Malang, Ekowisata Boonpring. (Vicki Febrianto)

Desa Karangsuko, dengan potensi Sumber Maron dan unggulan lainnya, bisa menjadi Desa Wisata layaknya Pujon Kidul dengan Café Sawahnya
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Malang mendorong destinasi Sumber Maron, yang terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, menjadi salah satu tujuan wisata andalan yang dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Plt Bupati Malang Sanusi mengatakan pengembangan wisata air Sumber Maron diharapkan bisa menyamai salah satu destinasi wisata unggulan di wilayah Kabupaten Malang, yakni Pujon Kidul di Kecamatan Pujon.

"Desa Karangsuko, dengan potensi Sumber Maron dan unggulan lainnya, bisa menjadi Desa Wisata layaknya Pujon Kidul dengan Café Sawahnya," kata Sanusi, di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Selasa.

Sanusi menambahkan, dalam upaya pengembangan Sumber Maron, BUMDes sebagai pihak pengelola, diharapkan mendapatkan pengarahan dan berbagai pelatihan dari dinas terkait supaya bisa berkembang dengan pesat.

Sebagai catatan, Kabupaten Malang juga memiliki destinasi wisata unggulan lain yang dikelola oleh BUMDes selain Desa Wisata Pujon Kidul. Desa Ekowisata Boonpring di Desa Sanan Kerto, bersama Pujon Kidul menjadi salah satu proyek percontohan nasional.

Kedua destinasi wisata unggulan di Kabupaten Malang tersebut, saat ini telah berhasil meraup omzet hingga miliaran rupiah tiap tahunnya. Desa Wisata Pujon Kidul memiliki omzet mencapai Rp5,35 miliar, sementara Ekowisata Boonpring sebesar Rp2,8 miliar.

"Pelatihan harus terus diberikan oleh dinas terkait, agar Sumber Maron semakin dikenal masyakarat sebagai tempat wisata potensial," ujar Sanusi.

Menurut Sanusi, pihaknya akan memberikan pendampingan kepada BUMDes untuk mengembangkan Sumber Maron menjadi desa wisata. Salah satunya berupa pelebaran infrastruktur jalan untuk memberikan akses lebih mudah kepada para pengunjung.

"Pelaku wisata di Sumber Maron juga harus bisa memberikan pelayanan kepada pengunjung dengan baik dan berdasar Sapta Pesona," kata Sanusi.

Optimalisasi sektor pariwisata merupakan salah satu dari tiga prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Malang. Untuk sektor lainnya adalah mengurangi angka kemiskinan, dan pelestarian lingkungan hidup.

Baca juga: Ekowisata Boonpring siapkan inovasi tingkatkan kunjungan wisatawan

Baca juga: Menanti "KEK" penopang sektor wisata Kabupaten Malang


 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar