Jakarta (ANTARA) - Musikus, seniman, dan aktris Ayu Laksmi ditantang untuk menjiwai karakter perempuan Jawa dalam film "Bumi Manusia" yang diangkat dari novel sastrawan Pramoedya Ananta Toer.

Ayu berperan sebagai ibu Minke (Iqbaal Ramadhan) dan beradu akting dengan Donny Damara yang berperan sebagai suaminya.

"Ibu Minke adalah perempuan Jawa yang sangat bijaksana, yang mencoba untuk tidak berpihak pada suami atau anaknya," kata Ayu saat berkunjung ke kantor berita ANTARA di Jakarta, Rabu.

Selama tiga bulan, pemilik nama lengkap I Gusti Ayu Laksmiyani itu harus menyelami karakter dalam film yang akan tayang pada 15 Agustus.

Seluruh aspek ia pelajari, termasuk bahasa Jawa yang harus dikuasai karena sebagian dialognya menggunakan bahasa daerah tersebut.

"Karena saya orang Bali, tentu ada kesulitan. Ada beberapa huruf dalam bahasa Jawa yang sulit diucapkan walaupun sudah dilatih," ujar seniman kelahiran 25 November 1967 itu.

Baca juga: Bryan Domani baca "Bumi Manusia" untuk tambah kosakata

Ayu mengaku belum bisa menguasai logat Jawa secara sempurna walau tetap berusaha memberikan penampilan terbaik untuk "Bumi Manusia".

Aktris yang sempat populer dalam peran genre horor itu berharap film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Mawar Eva De Jongh bisa mendorong orang-orang untuk kembali mencintai dan membaca buku pada era digital.

"Saya merasa setiap orang yang membaca karya Pak Pram pasti ingin jadi penulis. Harapan saya, dengan film Bumi Manusia itu, bisa mengembalikan budaya baca di Indonesia," katanya.

"Bumi Manusia" adalah buku pertama dari Tetralogi Buru yang ditulis ketika Pram mendekam di pulau Buru. Pram menulis kisah itu di bekas kertas bungkusan semen sebelum ditulis secara utuh pada 1975.

Novel yang berlatar belakang kebangkitan nasional pada periode 1890-1918 itu sempat dilarang beredar pada masa Orde Baru.

Film "Bumi Manusia" akan tayang pada 15 Agustus dan dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva De Jongh, Sha Ine Febriyanti, Ayu Laksmi, Donny Damara dan Jerome Kurnia.

Baca juga: Apa kesamaan Jerome Kurnia dengan Robert Suurhorf "Bumi Manusia"?

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019