Jumat, 1 Agustus 2014

Candi Borobudur Ramai Wisatawan Akhir Tahun

Sabtu, 26 Desember 2009 18:26 WIB | 2.734 Views
Candi Borobudur/ilustrasi. (ANTARA/Anis Efizudin)
Borobudur, Jawa Tengah (ANTARA News) - Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ramai wisatawan akhir Tahun 2009, sedangkan puncak keramaian diperkirakan pada Minggu (27/12).

"Besok (27/12) diperkirakan puncaknya dengan pengunjung diperkirakan 45 ribu orang," kata Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Pujo Suwarno, di Borobudur, Sabtu.

Situasi terutama keamanan yang relatif kondusif selama Tahun 2009, katanya, telah memengaruhi secara signifikan kunjungan wisata akhir tahun di Borobudur.

Ia menyebut di luar dugaan atas ramainya wisatawan nusantara (wisnus) akhir Tahun 2009 di Borobudur.

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia yang dibangun sekitar abad ke-8 masa Dinasti Syailendra di antara Kali Elo dengan Progo, Kabupaten Magelang.

Sejak sekitar pertengahan Desember 2009, katanya, sudah tampak terjadinya peningkatan kunjungan wisata.

Ia menjelaskan, pada hari biasa rata-rata enam ribu wisatawan ke Borobudur.

"Terjadi peningkatan antara 15 hingga 20 persen. Kemarin (25/12) mencapai sekitar 19 ribu wisatawan meskipun sempat dua kali turun hujan di candi," katanya.

Ia mengatakan, jumlah wisatawan Borobudur pada puncak kunjungan akhir Tahun 2008 sekitar 43 ribu orang.

Berbagai atraksi wisata yang ditawarkan pihak TWCB pada akhir Tahun 2009 selain menaiki candi antara lain gajah dan kuda tunggang, andong wisata, dan kesenian tradisional masyarakat sekitar Candi Borobudur.

Mereka juga dapat mengunjungi Museum Karmawibangga, Museum Kapal Samudera Raksa, dan Galeri Unik dan Seni Borobudur yang berada di zona II Candi Borobudur.

"Mulai ramai pengunjung sejak dibuka pukul 06:00 WIB hingga 15:00 WIB. Candi Borobudur ditutup untuk wisata pukul 17:00 WIB. Mereka berasal dari kota-kota terutama di Pulau Jawa," katanya.

Pihaknya menerapkan sistem "buka tutup" untuk tempat parkir kendaraan wisata di dalam kompleks TWCB. Areal parkir TWCB berkapasitas sekitar 150 bus dan mobil.

Mereka yang berkunjung ke Borobudur pada akhir Tahun 2009, katanya, berasal dari kalangan wisatawan keluarga dan anak sekolah.

Mereka yang tidak mendapatkan tempat parkir kendaraan di dalam TWCB bisa memanfaatkan areal parkir yang dikelola masyarakat di beberapa tempat di luar pagar TWCB.

Target kunjungan wisata Candi Borobudur Tahun 2009 sekitar 2,6 juta orang. Hingga Sabtu (26/12) jumlah pengunjung sekitar 2,4 juta orang.

"Kami optimistis bisa melampaui target kunjungan tahun ini," katanya.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2009

Komentar Pembaca
Baca Juga