Padang (ANTARA News) - Kesebelasan PS Semen Padang (SP) mengalahkan tamunya Persiba Balikpapan 2-1 dalam pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011 di Stadion H Agus Salim Padang, Kamis malam.

Dua gol kemenangan kemenangan SP dalam pertandingan disaksikan lebih 20.000 penonton itu masing-masing diciptakan Yu Hyun Ko melalui tendangan pinalti di menit ke 41 dan David Pagbe pada menit ke 62 babak kedua.

Satu gol tim tamu diciptakan melalui tendangan jarak jauh penyerangnya Khairul Amri pada menit ke 49.

Dalam pertandingan terakhir SP di kandangnya pada LSI 2011 itu, tim tuan rumah lebih menguasai permainan sejak babak pertama dimulai dengan beberapa kali melakukan serangan ke jantung pertahanan Persiba.

Namun, peluang-peluang yang tercipta belum mampu membuahkan gol untuk tuan rumah, hingga pada menit pertama kesalahan pemain belakang Persiba yang melanggar penyerang SP, M Rizal dalam kotak pinalti berbuah hukuman pinalti dari wasit Maslah Ikhsan.

Yu Hyun Ko yang dipercaya sebagai eksekutor pinalti, sukses mencetak gol melalui tendangan keras ke sudut kanan dalam gawang Persipura tanpa dapat dihalau kiper I Made Wirawan.

Skor berubah 1-0 untuk kemenagan sementara tuan rumah SP yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Persiba mulai mengimbangi pemainan SP dan mendapat peluang melalui serangan dari barisan penyerangnya yang diisi Khairul Amri, Sultan Samma dan Aldo Bareto.

Pada menit ke 49, Khairul Amri melepaskan tendangan jarak jauh dari luar kotak pinalti, bola meluncur deras dan bersarang di sudut kanan jaring dalam gawang SP. Kiper Samsidar yang tidak menduga tendangan spekulasi dari Khairul hanya tegak tampa bereaksi karena tidak menduga bola meluncur cepat ke dalam gawangnya dan skor berubah 1-1.

Kecolongan gol tersebut, pemain-pemain SP meningkatkan serangan dan beberapa kali penyerangnya seperti Suheri Daud, Saktiawan Sinaga di dukung Esteban Vizcara mendapat peluang gol.

Pada menit ke 62 berawal dari tendangan sudut, pemain belakang SP David Pagbe maju ke dalam kotak pinalti. Bola lambung yang melayang dalam kotak pinalti berhasil disundul David dan dikelokan ke dalam gawang Persiba.

Jala gawang tim tamu kembali bergetar dan skor berubah 2-1 untuk kemenangan SP yang bertahan hingga pertandingan berakhir. (H014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011