Padang (ANTARA News) - Lembaga bantuan internasional Mercy Corps United Kingdom (UK) memberikan bantuan program penyediaan air bersih bagi warga Kota Padang untuk mengantisipasi kebutuhan air jika terjadi bencana alam di daerah rawan gempa dan tsunami ini.

Country Director Mercy Corp untuk Indonesia Sean Granville Ross usai pertemuan dengan pimpinan DPRD Padang di Padang, Jumat, mengatakan, bantuan dalam program Disaster Risk Reduction Inisiative Water (DRRI-Water) itu ditujukan untuk kesiapan Padang jika terjadi bencana baik gempa, tsunami atau bencana alam lainnya.

Program ini penting mengingat jika terjadi bencana alam dibutuhkan air bersih yang tidak tercemar bagi masyarakat dan pihak-pihak lain, khususnya dalam masa tanggap darurat.

Bantuan ini diberikan, setelah dilakukan survei dan adanya evaluasi dari kebutuhan masyarakat pascabencana di berbagai daerah dan negara, dimana kebutuhan akan air bersih yang tidak tercemar sangat sulit untuk didapatkan.

Melalui program bantuan ini dibangun tempat-tempat penampungan air bersih di Padang yang airnya dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat jika terjadi bencana alam di daerah ini.

Tempat penampungan air bersih itu dibangun pada empat titik di Kota Padang yakni di Kelurahan Pasir Jambak, Kelurahan Sungai Pisang, Kelurahan Air Manis dan Kelurahan Gates.

Pembangunan tempat penampungan air itu dimulai setelah penandatangan MoU antara Mercy Corps dengan Pemkot Padang, Kamis (9/6).

Mercy berharap pembangunan dapat diselesai dan tempat penampungan air mulai dapat digunakan pada akhir 2011, tambahnya.

Kunjungan tim Mercy Corps ke DPRD Padang dalam rangka meminta dukungan legislatif kota ini untuk pelaksanaan program bantuan NGO itu di Kota Padang. (H014/R007/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011