Magelang (ANTARA News) - Presiden Srilanka Mahinda Rajapaksa dan Wakil Presiden Filipina Jejomar Binay mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Wakil Presiden Filipina Jejomar Binay bersama anak dan istrinya datang sekitar pukul 08.30 WIB dan berakhir sekitar pukul 09.30 WIB. Kemudian disusul kunjungan Presiden Srilanka pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Dua tamu negara tersebut menyaksikan candi peninggalan wangsa Syailendra hingga lantai 10.

Presiden Srilanka usai mengelilingi candi sempat berdoa di halaman candi sebelah barat dipimpin seorang rohaniawan.

Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur Pujo Suwarno, mengatakan tanggapan kedua pejabat tersebut terhadap monumen Candi Borobudur sangat positif.

"Beliau menyampaikan penghormatan dan penghargaan pada bangsa Indonesia yang bisa memelihara dan merawat bangunan yang sudah berusia ratusan tahun ini," katanya.

Pujo mengatakan adanya kunjungan dua pimpinan negara tersebut Candi Borobudur ditutup untuk umum mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Ia mengatakan, semula direncanakan penutupan candi berlangsung hingga pukul 13.00 WIB. Namun, karena jadwal kunjungan maju maka pukul 11.00 WIB, Candi Borobudur kembali dibuka untuk umum.

"Kami mohon maaf jika penutupan candi ini mengecewakan pengunjung. Bagaimana pun juga, kami harus mengosongkan candi dan menyiapkan lokasi dengan sebaik-baiknya bagi dua tamu negara ini untuk menjaga kehormatan negara," katanya.
(U.H018/M028)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011