Ini adalah tugas rutin kebangsaan yang selalu dijalankan dengan setia oleh Banser
Bondowoso (ANTARA News) - Sebanyak 40 anggota Barisan Serbaguna Ansor (Banser) Kabupaten Bondowoso, Jatim, ikut mengamankan gereja yang digunakan sebagai tempat ibadah Natal umat Kristiani.

"Ini adalah tugas rutin kebangsaan yang selalu dijalankan dengan setia oleh Banser. Kami tidak akan pernah absen untuk tugas-tugas kebangsaan semacam ini," kata Ketua Ansor Bondowoso Miftahul Huda, Senin.

Ia mengemukakan dari 40 anggota badan otonom Ansor itu disebar di delapan gereja yang ada di Kota Bondowoso, masing-masing lima orang. Mereka intinya membantu tugas polisi mengamankan agar umat Kristiani menjalankan ibadah dengan baik.

"Kami berupaya membantu agar teman-teman Kristiani dapat beribadah dengan nyaman, yakni tidak ada gangguan. Bantuan pengamanan semacam ini juga merupakan bentuk nyata dari toleransi kehidupan umat beragama di negeri ini," katanya.

Menurut dia, pihaknya berkonsentrasi di gereja-gereja di dalam kota karena biasanya umat Kristiani di kecamatan-kecamatan juga bergabung dengan jemaat di dalam kota.

Selain mengamankan mulai 24 Desember malam hingga 25 Desember, Banser juga dilibatkan dalam pengamanan perayaan Natal bersama pada 26 Desember dan pengamanan Tahun Baru 2013.

Miftah mengamukakan bahwa kehidupan keagamaan di Bondowoso selama ini selalu berjalan dalam koridor toleransi beragama. Pihaknya selalu menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh nonmuslim untuk menjaga kedamaian tersebut.

"Komunikasi itu kita lanjutkan dengan kerja sama pengamanan saat perayaan hari-hari besar keagamaan semacam Natal ini. Semoga Bondowoso terus aman di masa-masa mendatang," katanya.
(M026/S021)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012