Kecelakaan terjadi ketika sebuah stator generator jatuh saat dipindahkan ke luar gedung turbin.
Houston (ANTARA News) - Satu orang tewas dan tiga lainnya cedera dalam satu kecelakaan di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), Minggu, di Negara Bagian Arkansas, Amerika Serikat.

Sebuah 'kecelakaan industri cukup besar' terjadi sekitar pukul 07.45 waktu setempat di instalasi Arkansas Nuclear One, di Russelville. Kecelakaan terjadi ketika sebuah stator generator jatuh saat dipindahkan ke luar gedung turbin, dalam siaran pers Perusahaan Operator Arkansas Nuclear One, Entergy, di Arkansas.

"Ada satu korban jiwa dan tiga tambahan korban cedera. Kami sangat sedih oleh apa yang telah terjadi hari ini," kata Jeff Forbes, Wakil Presiden Pelaksana dan Kepala Petugas Nuklir, Entergy, di dalam siaran pers tersebut.

Pekerja yang cedera telah dibawa ke satu rumah sakit yang berdekatan, kata beberapa pejabat sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Entergy dan Departemen Kesehatan Arkansas mengatakan kecelakaan itu tidak mempengaruhi reaktor instalasi. Mereka juga mengatakan tak ada radiasi.

Pembangkit listrik itu berada dalam klasifikasi peristiwa tidak biasa, yang paling rendah dari empat klasifikasi darurat yang dirancang oleh Komisi Pengatur Nuklir AS. Operator instalasi tersebut mengatakan kedua unitnya berada "dalam kondisi penutupan stabil" dan tidak menimbulkan ancaman bagi masyarakat.

Arkansas One, yang dioperasikan oleh Entergy, membuka unit pertamanya pada 1974. Unit 2 dibuka enam tahun kemudian pada 1980. Kedua unit tersebut secara bersama menyediakan sebanyak 30 persen dari seluruh tuntutan energi di negara bagian itu.

Unit 1 adalah "instalasi pengisian ulang listrik" dan Unit 2 secara otomatis menutup, kata operator tersebut di dalam siaran persnya.

(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013