Sentani (ANTARA News) - Dengan dana yang minim, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua tetap nekad menyelenggarakan Festival Danau Sentani (FDS) ke-6 tahun 2013 ini bertempat di Pantai Wisata Khalkote, kata Denny Simbar, SE.M.Si Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) Kabupaten Jayapura kepada Antara di Sentani, Senin.

"Pemkab Jayapura mengalokasikan dana sebesar Rp1,7 Milyar lebih untuk menyukseskan pagelaran pesta akbar budaya FDS ke-6 tahun 2013," ujarnya.

Denny mengakui, dana tersebut sangat minim untuk melaksanakan pesta budaya yang cukup besar ini. Namun harus dilaksanakan karena FDS sudah merupakan agenda nasional dan kalender tahunan kegiatan kepariwisataan.

"Alokasi dana untuk kegiatan FDS tahun ini dianggarkan dalam dua sumber yang pertama dianggarkan dalam bentuk belanja langsung sebesar Rp1 Milyar yang ditangani oleh Dinas Pariwisata, kedua sebesar Rp750 Juta dikelola oleh lembaga masyarakat adat untuk kegiatan-kegiatan FDS," urai Denny.

Ia mengharapkan dengan dana Rp1,7 Milyar ini, FDS berjalan dengan baik dan lebih meriah dari tahun sebelumnya.

"Karena FDS adalah pesta budaya, jadi dana untuk mendukung pesta itu bersumber dari dana APBD Pemkab Jayapura 2013,� tandasnya.

Denny mengungkapkan untuk perbaikan sarana fisik di lokasi Pantai Wisata Kalkhote ditangani oleh PU Kabupaten Jayapura, sedangkan untuk kegiatan mulai dari pra FDS sampai selesai ada di Dinas Pariwisata.

"Kami berusaha dengan dana tersebut, pelaksanaan FDS ke-6 lebih meriah dibandingkan dengan FDS sebelumnya, seperti yang diharapkan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw," jelasnya.

Sekedai diketahui, FDS yang dimulai sejak tahun 2008, yang mana digelar setiap tanggal 19-23 Juni di Pantai Wisata Kalkhote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013