Beijing (ANTARA News) - Pengumuman siaga kuning telah dikeluarkan sebelum kedatangan Topan Nari, kata Pusat Ramalan Lingkungan Kelautan Nasional China pada Jumat.

Lembaga itu memperkirakan, Nari memasuki bagian tengah dan timur Laut China Selatan pada Sabtu siang. Topan itu akan menjadi topan ke-25 yang menerpa China tahun ini.

Mulai Jumat siang sampai Sabtu tengah hari, akan ada gelombang setinggi enam meter di bagian timur Laut China Selatan.

Gelombang setinggi tiga meter diperkirakan tercipta di bagian selatan Laut China Timur, Selat Taiwan dan bagian timur-laut Laut China Selatan.

Pusat Ramalan Lingkungan Kelautan Nasional menyatakan, Pulau Huangyan di wilayah timur-tengah Laut China Selatan akan sangat terpengaruh oleh topan tersebut, demikian seperti dilansir kantor berita Xinhua.

Lembaga tersebut memperingatkan kapal Penjaga Pantai China yang berpatroli di perairan di sekitar pulau itu agar berhati-hati.

Mereka juga memperingatkan kapal penangkap ikan agar tidak berlayar dalam kondisi cuaca ekstrem di Laut China Selatan dan Teluk Beibuwan di lepas pantai Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang di China Selatan.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat-tingkat dengan kode warna; merah merupakan peringatan cuaca sangat berbahaya, diikuti oleh oranye, kuning dan biru.

(Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013