Mexico City (ANTARA News) - Pembuat film Meksiko Alfonso Cuaron mengaku terkejut oleh keberhasilan film thriller ruang angkasanya "Gravity" namun bersikeras bahwa terlalu dini untuk berpikir mengenai Oscar.

Film yang dibintangi Sandra Bullock dan George Clooney itu mendapat pujian luas dan mencatat film terlaris Amerika Utara untuk rilis Oktober dengan penghasilan 55,8 juta dolar AS pada debutnnya awal bulan ini.

"Kami tidak mengira responnya seperti itu," kata Cuaron dalam konferensi pers selama presentasi filmnya di sebuah hotel di kota Meksiko.

Film ini kemudian dihubung-hubungan dengan anugerah Oscar dan dibanding-bandingkan dnegan film fiksi ilmiah karya Stanley Kubrik tahun 1968, "2001: A Space Odyssey", sejak pembukaan Festival Film Venesia Agustus lalu.

Namun ketika ditanya apakah "Gravity" bisa memenangkan lebih dari satu Oscar, Cuaron menjawab, "Yang benar adalah - kami tidak berpikir, bermimpi tentang hal itu - terlalu dini ..."

Film ini mendapatkan pujian dari sutradara legendaris Hollywood Steven Spielberg, Quentin Tarantino dan James Cameron, yang menyebutnya "film terbaik yang pernah dibuat mengenai ruang angkasa".

Cuaron, yang tenar pada 2001 dalam drama Meksiko "Y Tu Mama Tambien," mengaku telah menerima telepon dan email dari rekan-rekan yang memberinya pujian.

"Saya mengerti ini datang dari mereka, tapi selebihnya saya kurang tahu. Saya tidak bisa meminta lebih," kata Cuaron, didampingi anaknya Jonas 31 tahun, yang ikut menulis skenario film itu bersama dia.

Sumber: CNA/AFP

(H-AK)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013