Jika tidak ada blunder politik, Golkar dan PDIP nyaris aman mendapat tiket capres 2014 karena elektabilitas telah mendekati 20 persen sesuai survei LSI,"
Jakarta (ANTARA News) - Hasil riset terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mewacanakan duet Joko Widodo- Hatta Rajasa (Jokowi-Hatta) sebagai capres-cawapres ideal nasionalis-Islam dari "poros tengah II".

Peneliti LSI Ardian Sopa kepada pers di Jakarta, Minggu, mengatakan, pasangan Joki-Hatta dari poros tengah masih bersifat wacana karena hanya akan terwujud jika Partai Demokrat tidak memperoleh mitra koalisi dan tiket capres, karena suaranya di bawah 15 persen.

Hasil Survei LSI pada Oktober 2013 dengan pertanyaan jika pemilu legislatif diadakan hari ini, maka perolehan suara Partai Golkar (20,4 persen), PDIP (18,7 persen), dan dan Partai Demokrat (PD) 9,8 persen.

Kemudian Gerindra (6,6 %), PAN (5,2 %), PPP (4,6 %), PKB (4,6 %), PKS (4,4 %), Hanura (3,4 %), Nasdem (2,0 %), PBB (0,6 %), PKPI (0,3 %) dan tidak menjawab (19,4 %).

"Jika hasil pemilu seperti survei dan persyaratan capres adalah diajukan parpol dengan suara nasional 25 persen dan perolehan kursi DPR 20 persen, maka hanya Golkar dan PDIP yang bisa mengajukan capres pada Pilpres 2014," katanya.

Ardian menjelaskan, dengan hasil survei itu, masih terbuka lahirnya poros tengah II yang mendapat sisa satu tiket capres dan cawapres 2014.

"Jika tidak ada blunder politik, Golkar dan PDIP nyaris aman mendapat tiket capres 2014 karena elektabilitas telah mendekati 20 persen sesuai survei LSI," katanya.

LSI mengkategorian partai papan atas yaitu Golkar dan PDIP karena elektabilitasnya mendekati 20 persen), sedangkan partai yang elektabiliats di bawah 10 persen masuk partai papan tengah terdiri 5 parpol berlatarbelakang nasionalis (Demokrat, Gerindra, Hanura, Nasdem, PKPI).

Kemudian lima parpol Islam papan tengah yaitu partai berbasiskan suara umat Islam (PAN, PKB, PPP, PKS, PBB).

LSI memprediksi bahwa capres yang diusung poros tengah adalah tokoh nasionalis, dan cawapresnya berasal dari tokoh Islam. Sesuai survei LSI ahwa tokoh nasionalis parpol papan tengah dipilih responden yaitu Joko Widodo (38,3 %), Prabowo Subianto (11,1 %), Wiranto (10 %).

Sedangkan posisi cawapres dari parpol Islam, yaitu Hatta Rajasa (31,3 %), Yusril Ihza Mahendra (15,2 %), Muhaimin Iskandar (11,8 %), Suryadhama Ali (10,7 %) dan Anis Matta (7,5 %).

Survei LSI itu diadakan pada 12 September--5 Oktober 2013, di 33 Provinsi ddengan menggunakan 1.200 responden. Dengan metode multistage random sampling, estimasi kesalahan penyamplingan sekitar 2,9 %. Survei itu juga menggunakan instrumen kuesioner dengan wawancara tatap muka (face to face interview).(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013