London (ANTARA News) - Andy Murray, orang Inggris pertama dalam 77 tahun terakhir yang menjuarai Wimbledon, mendapat penghargaan BBC Sports Personality of the Year hari Minggu waktu setempat.

Murray (26) mengalahkan Novak Djokovic pada final Wimbledon Juli lalu yang adalah gelar Grand Slam keduanya setelah memenangi AS Terbuka pada 2012, dan juga menjuarai Olimpiade pada tahun yang sama.

Petenis Skotlandia ini menyisihkan pemain rugby Leigh Halfpenny yang berada di tempat kedua dan atlet berkuda AP McCoy di tempat ketiga.

Murray menerima trofi itu dari legenda tenis Martina Navratilova di pusat pelatihannya di Miami.

"Tak peduli segembiranya saya mencoba bersuara, suara saya selalu saja membosankan, tapi itulah suara saya, saya minta maaf! Saya kini sungguh senang! Terimakasih banyak untuk semuanya," kata Murray.

"Terimakasih kepada Martina Navratilova yang telah memberikan ini kepada saya. Sangat mungkin dia adalah pemain tenis terbesar sepanjang masa," sambung dia.

Murray lalu mengucapkan terimakasih kepada keluarganya yang disebutnya telah menyokong dia sejak anak-anak. Terakhir dia berterimakasih kepada timnya dan publik.

Murray meraih 56 persen dari total suara 401.470, Halfpenny mendapat 65.913 suara, sedangkan McCoy 57.854 suara, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013