Jakarta (ANTARA) - Andy Murray memulai penampilannya yang ke-16 di ATP-WTA Indian Wells Masters dengan kemenangan 6-3, 6-2 atas petenis kualifikasi David Goffin, Rabu (6/3) malam waktu setempat.

Finalis turnamen gurun California pada 2009 itu membutuhkan waktu 80 menit untuk meraih kemenangan yang memuaskan untuk meningkatkan catatan menang kalah menjadi 8-0 atas petenis Belgia yang pernah masuk 10 besar itu.

Murray, juara Grand Slam tiga kali yang di Dubai bulan lalu mengatakan bahwa ia tidak mungkin terus bermain setelah musim ini, menyapu bersih 10 poin terakhir set pembuka dan melakukan double break pada kedudukan 5-2 untuk memoles kemenangannya.

"Saya memukul bola dengan baik dari belakang lapangan, itu adalah penampilan yang solid," kata Murray yang menempati peringkat 61 dunia, seperti disiarkan AFP, Kamis.

"Ini mungkin yang terbaik yang pernah saya lakukan di sini. Saya telah berjuang di sini setidaknya selama 10 tahun. Hari ini terasa jauh lebih baik."

Petenis asal Skotlandia yang selalu mengalami kesulitan di pertandingan gurun selama bertahun-tahun itu mencoba berbagai strategi persiapan namun tidak berhasil.

"Saya sudah mencoba segalanya di sini: Saya datang terlambat. Saya datang seminggu lebih awal untuk membiasakan diri dengan kondisi dan kemudian kalah di babak pertama," ujar petenis berusia 36 tahun itu.

"Tetapi kondisinya tampak berbeda tahun ini. Bolanya lebih cepat dan lapangannya tampak sedikit lebih kecil di bagian belakang."

Baca juga: Alcaraz bertekad pertahankan gelar Indian Wells Masters

Juara bertahan Carlos Alcaraz yang mendapat keuntungan dengan bye pada babak pertama mengetahui lawan pertamanya saat petenis Italia Matteo Arnaldi mengalahkan petenis Prancis Luca van Assche 7-6(8/6), 7-6(7/3).

Juara Australian Open Jannik Sinner yang menindaklanjuti trofi Grand Slam-nya dengan gelar di Rotterdam bulan lalu akan memulai turnamennya melawan Thanasi Kokkinakis setelah petenis Australia itu mengalahkan Marcus Giron 6-3, 7-5.

Di undian putri, mimpi buruk cedera punggung bagi juara turnamen 2021 Paula Badosa berlanjut. Petenis Spanyol itu mengundurkan diri dari pertandingan pembukanya melawan sesama wild card Ashlyn Krueger.

Nadia Podoroska akan menggantikan Badosa yang berperingkat 73, yang tidak berkompetisi setelah Wimbledon musim lalu karena cedera.

Angelique Kerber, finalis di Indian Wells lima tahun lalu, mengamankan tempat di babak kedua untuk bertemu dengan sesama juara Grand Slam.

Petenis Jerman berusia 36 tahun dengan tiga gelar major itu mengalahkan lawan pertamanya Petra Martic 6-3, 6-4. Kerber akan menghadapi juara Roland Garros 2017 Jelena Ostapenko.

Petenis Inggris Katie Boulter yang memenangi gelar WTA 500 San Diego pada akhir pekan lalu tersingkir di babak pertama, kalah 3-6, 2-6 dari petenis Italia Camila Giorgi.

Baca juga: Swiatek berjanji tampil maksimal menjelang Olimpiade Paris
Baca juga: Murray ungkap 2024 bisa jadi tahun terakhirnya di tur

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024