Jakarta (ANTARA) - Unggulan kelima asal Yunani Stefanos Tsitsipas selamat dari pertarungan lima set Wimbledon yang mendebarkan melawan Dominic Thiem, untuk mengatur pertandingan babak kedua melawan juara dua kali Andy Murray, Rabu waktu London.

Sementara Tsitsipas di ujung jurang dalam pertandingan babak pertama yang berlangsung hampir empat jam, mantan petenis nomor satu dunia Murray mendapatkan istirahat setelah mengalahkan Ryan Peniston dalam pertandingan pembukanya, Selasa (4/7).

"Untuk sesaat saya pikir kami mengulang Isner versus Mahut," kata Tsitsipas mengacu pada pertandingan terlama dalam sejarah yang berlangsung di Wimbledon pada 2010, seperti disiarkan AFP, Kamis.

Tsitsipas menahan keberaniannya pada tie-break set terakhir untuk mengamankan kemenangan 3-6, 7-6 (7/1), 6-2, 6-7 (5/7), 7-6 (10/8).

"Pertandingan itu rasanya berlangsung selamanya. Jelas saya sangat senang menang melawan seseorang yang mengeluarkan kemampuan terbaik saya setiap kali kami bermain," tutur Tsitsipas.

Baca juga: Kyrgios mundur dari Wimbledon karena cedera pergelangan tangan

Dikalahkan oleh Novak Djokovic di final Australian Open awal tahun ini sebelum tersingkir di babak delapan besar di French Open, Tsitsipas bertekad untuk melakukan perjalanan mendalam pertamanya di Wimbledon.

Tsitsipas mencapai final French Open dua tahun lalu, menjadikannya satu-satunya petenis Yunani yang tampil dalam pertandingan perebutan gelar Grand Slam.

Namun petenis berusia 24 tahun itu kurang nyaman di lapangan rumput. Dia mencapai babak keempat hanya sekali dalam lima kunjungan sebelumnya ke Wimbledon.

Tsitsipas yang biasanya populer di kalangan penggemar Wimbledon menyadari bahwa dia tidak akan mendapat banyak dukungan melawan favorit tuan rumah Murray.

Baca juga: Djokovic masih "haus" akan gelar Grand Slam di Wimbledon

"Saya tidak mengharapkan siapa pun mendukung saya, tapi ini bukan yang pertama bagi saya," ujar Tsitsipas.

Tsitsipas, yang akan bermain di Centre Court untuk pertama kalinya, mengatakan dia ingat Murray memenangi gelar Wimbledon pertamanya pada 2013.

"Jelas dia adalah seseorang yang telah melakukan banyak hal untuk olahraga ini," kata Tsitsipas.

Hujan memaksa pertandingan ditunda pada hari Selasa, dengan Thiem merebut set pertama tetapi tertinggal 4-3 pada set kedua.

Hal itu mengatur pertunjukan drama yang memukau saat pertandingan berlangsung pada set keempat sebelum akhirnya Tsitsipas mampu menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan pada set kelima.

Baca juga: Wimbledon akan rayakan karier Federer di Centre Court

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023