Jakarta (ANTARA) - Unggulan teratas Novak Djokovic akan berhadapan dengan petenis kualifikasi untuk memulai upayanya meraih gelar Australian Open ke-11, dan berpotensi bertemu sesama juara Grand Slam Andy Murray di babak ketiga.

Petenis Serbia, yang telah memenangi 24 turnamen major, itu mengalahkan Stefanos Tsitsipas di final tahun lalu, kemudian menambahkan koleksi gelar French dan US Open.

Namun, menurut hasil undian Australian Open, seperti dilaporkan AFP, Kamis, petenis berusia 36 tahun itu akan memulai perjuangannya dengan dibayang-bayangi cedera setelah masalah pergelangan tangan menghambat dirinya di United Cup, di mana ia kalah dari petenis Australia Alex De Minaur.

Sementara itu, unggulan ketujuh asal Yunani Tsitsipas memiliki tugas berat untuk mengulangi prestasinya pada 2023 dengan mantan petenis 10 besar Italia Matteo Berrettini sebagai lawannya di pertandingan pembuka, dan Djokovic berpotensi menjadi perempat finalis.

Petenis nomor dua dunia asal Spanyol Carlos Alcaraz, satu-satunya orang yang mengalahkan Djokovic di Slam tahun lalu untuk memenangi Wimbledon, memulai Australian Open dengan melawan veteran Prancis Richard Gasquet.

Baca juga: Djokovic harus hadapi cedera dan ancaman Alcaraz di Australian Open

Seperti Djokovic, unggulan ketiga Daniil Medvedev, finalis Melbourne pada 2021 dan 2022, akan menghadapi petenis kualifikasi di babak pertama.

Petenis Rusia itu berpotensi menghadapi unggulan ke-27 Felix Auger-Aliassime di babak ketiga, sementara petenis Kanada itu akan menghadapi ujian pembuka yang berat melawan mantan peringkat tiga dunia Dominic Thiem.

Di sektor putri, unggulan teratas asal Polandia Iga Swiatek akan membuka perjuangan di Grand Slam pertama tahun ini dengan pertandingan ulang final Roland Garros 2020 yang ia menangi melawan Sofia Kenin, yang memasuki pertandingan itu sebagai juara Australian Open.

Pemenang pertandingan tersebut akan melaju ke babak kedua melawan juara Australian Open 2016 Angelique Kerber atau finalis Melbourne Park 2022 Danielle Collins.

Juara dua kali Naomi Osaka juga akan menghadapi tugas berat melawan unggulan ke-16 asal Prancis Caroline Garcia pada turnamen major pertamanya sejak melahirkan.

Pertarungan besar lainnya akan mempertemukan unggulan ketiga Elena Rybakina, runner-up tahun lalu, melawan mantan peringkat satu dunia Karolina Pliskova.

Unggulan kedua dan juara bertahan Aryna Sabalenka mendapatkan awal yang lebih mudah karena akan melawan petenis kualifikasi di pertandingan pembukanya.

Baca juga: Swiatek incar kemenangan Australian Open saat Osaka kembali

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024