Karawang (ANTARA News) - Sejumlah Perusahaan Otobus Antar-Kota Antar-Provinsi atau AKAP, menaikkan tarif selama musim liburan Natal dan Tahun Baru 2014.

Sahril, salah seorang karyawan Perusahaan Otobus (PO) di Terminal Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu, mengatakan, kenaikan tarif bus itu telah ditetapkan pada 20--31 Desember 2013.

"Kenaikannya mencapai sekitar 35 persen. Selain karena liburan Natal dan Tahun Baru, kenaikan tarif itu juga karena berkaitan dengan masuknya libur sekolah," katanya, di Karawang, Rabu.

Ia mencontohkan, harga tiket eksekutif Bus Muji Jaya jurusan Semarang-Solo sebesar Rp250 ribu, padahal pada hari biasa harganya Rp140 ribu.

Sedangkan Bus Gajah Mungkur jurusan Semarang-Solo kelas VIP Rp195 ribu, sedangkan pada hari biasa harganya mencapai Rp155 ribu.

Meski terjadi kenaikan tarif, tetapi sejumlah perusahaan otobus di Terminal Klari optimistis tidak akan kehilangan penumpang.

Sebab pada musim liburan Natal dan Tahun Baru 2014 saat ini, bus menjadi alat transportasi alternatif menyusul habisnya tiket kereta api jurusan jarak jauh. (*)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013