Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas di sekitar gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, padat memasuki musim liburan Natal, Rabu.

Antrean cukup panjang terjadi pada pintu keluar gerbang Tol Cikampek, hingga mencapai lebih dari 2 kilometer. Begitu juga selepas gerbang tol menuju jalur Pantura, arus lalu lintas cukup padat sepanjang Rabu pagi hingga sore.

Kepadatan arus lalu lintas di sekitar gerbang Tol Cikampek ke arah jalur Pantura itu terjadi akibat melonjaknya volume kendaraan yang melintas pada musim liburan Natal dan libur sekolah.

Memasuki musim liburan Natal dan libur sekolah, cukup banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang mengisi waktu liburan di kampung halaman, seperti di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Atas hal tersebut, arus lalu lintas di sekitar gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura wilayah Karawang cukup padat.

Kepadatan arus lalu lintas di jalan raya Cikopo menuju jalur Pantura karena terjadi pertemuan arus dan penyempitan jalan di simpang Jomin.

Untuk mengurai kepadatan yang mengakibatkan terjadinya kemacetan itu, polisi dari Polres Purwakarta dan Karawang melkukan sistem buka-tutup di pertigaan Mutiara.

Sistem buka-tutup tersebut dilakukan secara kondisional. Dengan diterapkanya buka-tutup itu, kendaraan dari arah gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura dialihkan ke Pasar Cikampek.(*)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013