Sebagai umat Katholik yang baik, supaya ambil bagian dari tahun politik ini dengan mengikuti Pemilu legislatif maupun pemilihan presiden dengan penuh rasa tanggung jawab,"
Bogor (ANTARA News) - Pastur Paroki Gereja Katedral Bogor, Jabar, Romo Benjamin Sudarto, mengajak umat Kristiani Kota Bogor untuk menyambut tahun politik 2014 dengan ikut ambil bagian dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

"Sebagai umat Katholik yang baik, supaya ambil bagian dari tahun politik ini dengan mengikuti Pemilu legislatif maupun pemilihan presiden dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar Romo Sudarto dalam pesan Misa Natalnya di Gereja Katedral Bogor, Rabu.

Romo mengatakan dengan keikutsertaan umat Kristiani dalam pemilu di tahun 2014 menunjukkan dirinya sebagai warga negara yang baik.

"Pesan untuk bersiap menghadapi tahun politik ini akan terus kita sampaikan, terutama pada saat misa di malam pergantian tahun," ujar Romo.

Perayaan Natal di Kota Bogor berlangsung khidmat. Suasana kondusif terjadi mulai dari misa malam Natal hingga di hari Natal tanggal 25 Desember.

Ribuan umat kristiani memadati 63 gereja di Kota Bogor yang tersebar di sejumlah wilayah. Gereja Katedral Bogor memilik jemaat lebih dari 16.000 orang. Untuk bisa menampung seluruh umat, pihak gereja menyelenggarakan misa terbagi dalam beberapa jadwal dimulai dari pukul 06.30 WIB hingga 20.00 WIB.

Untuk sekali misa, gereja mampu menampung 1.000 umat ditambah kursi tambahan di luar parkir gereja sebanyak 2.500 sehingga, misa diikuti sekitar 3.500 umat.

Pelaksanaan Misa Natal di Gereja Katedral Bogor juga mendapatkan pengamanan ketat dari aparat keamanan Polisi, dan TNI juga dari pihak internal gereja.

Setiap umat yang datang diperiksa barang bawaannya dengan metal detektor yang telah disiapkan oleh pengamanan internal gereja.

Pihak gereja juga sudah mengimbau seluruh umat untuk tidak membawa tas atau barang bawaan dengan ukuran besar, karena barang bawaan tersebut tidak akan diizinkan masuk gereja.(*)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013