Jakarta (ANTARA News) - Google akan merilis SDK Android untuk perangkat wearable secepatnya dalam dua minggu kedepan.

"Dalam dua minggu kami akan meluncurkan SDK pengembang pertama untuk Android. Itu akan menggambarkan visi untuk pengembang tentang cara kami melihat pasar ini bekerja," kata Android SVP Google Sundar Pichai dalam konferensi SXSW di Austin, Texas, seperti dikutip Mobile Burn.

Software development kit (SDK) akan membuat perusahaan-perusahaan kian mudah untuk memproduksi perangkat non-smartphone yang menjalankan OS Android.

Samsung dan sejumlah perusahaan kecil sejauh ini telah merilis produk smartwatch (jam pintar) yang menjalankan Android, tapi mereka harus melakukan banyak modifikasi kompleks.

SDK baru itu akan membuat standar-standar yang akan lebih sesuai dengan perangkat wearable.

Pichai telah menekankan bahwa SDK tersebut tidak hanya tentang smartwatch, tapi "lebih luas" dari itu. SDK ini akan mendukung untuk segalanya mulai dari perangkat pemantau aktivitas hingga kaca mata.

Pichai memang tidak mengungkapkan apakah Google akan membuat smartwatch seperti dirumorkan, tapi jelas bahwa raksasa Internet yang masuk ke pasar perangkat itu akan mendukung wearable devices menjalankan Android.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014