Kabul (ANTARA News) - Sebanyak 36 gerilyawan tewas, 17 lagi cedera sementara 14 petempur ditahan saat pasukan keamanan Afghanistan melancarkan serangkaian operasi militer sejak Minggu (30/3) pagi, kata Kementerian Dalam Negeri di Kabula, Senin.

"Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan (ANSF) melancarkan serangan militer di Provinsi Kunar, Nangarhar, Badakhshan, Sari Pul, Jawzjan, Kandahar, Zabul, Wardak, Ghazni dan Helmand. ANSF memerangi gerilyawan dan menewaskan 36 anggota Taliban bersenjata. Sebanyak 17 gerilyawan cedera dan 14 ditahan oleh ANSF selama 24 jam belakangan," kata Kementerian tersebut di dalam satu pernyataan yang memberikan perubahan operasi harian militer, sebagaimana dikutip Xinhua, Senin siang.

Pasukan keamanan juga menemukan dan menyita senjata, kata pernyataan itu, tanpa menjelaskan apakah ada korban di pihak pasukan keamanan.

Polisi dan militer Afghanistan telah meningkatkan upaya untuk membersihkan gerilyawan di seluruh Afghanistan saat negeri tersebut mempersiapkan pemilihan presiden dan anggota dewan provinsi yang dijadwalkan pada 5 April.

(C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014