Citeureup (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin, melakukan kunjungan kerja ke salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, yakni PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk di Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sekretaris Perusahaan Indocement Sahat Panggabean kepada Antara di Citeureup, Kabupaten Bogor menjelaskan, dalam kunjungan itu Kepala Negara didampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono.

Di samping itu, juga disertai beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, di antaranya Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan jajaran pejabat pusat dan daerah lainnya.

Sahat Panggabean menjelaskan bahwa dalam kunjungan ke pabrik di Citeureup itu Presiden Yudhoyono melihat dari dekat operasional pabrik Indocement.

Kunjungan presiden dan rombongan diakhiri dengan makan siang bersama karyawan.

Menu yang disajikan sama seperti yang disantap karyawan di kantin karyawan Indocement.

Pihak Indocement, katanya, memberikan apresiasi tertinggi atas kunjungan yang dilakukan oleh presiden sebagai bentuk kepedulian pada perkembangan industri dan dunia usaha di Tanah Air.

Kunjungan itu, katanya, juga merupakan bukti bahwa Indocement sebagai salah satu perusahaan yang menerapkan prinsip dengan sungguh-sungguh terhadap keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja serta lingkungan hidup di wilayah operasionalnya.

Indocement memiliki 12 pabrik, di mana sembilan pabrik berada di Kompleks Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, dua pabrik di Kompleks Pabrik Palimanan, Cirebon, serta satu pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Total kapasitas terpasang hingga saat ini sebesar 18,6 juta ton semen per tahun.

Ia menambahkan saat ini Indocement sedang dalam tahap akhir penambahan satu unit penggilingan semen di Kompleks Pabrik Citeureup, yang akan menambah kapasitas produksi 1,9 juta ton semen per tahun, di mana rencana operasi pada semester 1/2014.

Selain itu, Indocement juga sedang membangun sebuah pabrik baru di Kompleks Pabrik Citeureup dengan kapasitas 4,4 juta ton semen per tahun, yang diharapkan selesai tahun 2015 dan akan menjadi pabrik semen terbesar di Indonesia.

Diharapkan kapasitas produksi Indocement di 2015 akan menjadi sekitar 25 juta ton semen per tahun, demikian Sahat Panggabean.

Pewarta: Andi Jauhari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014