Balikpapan (ANTARA News) - Meski diberhentikan dari jabatan pelatih, Jaya Hartono masih diperlukan tenaga dan pemikirannya bagi Persiba dengan menjadi Direktur Teknik tim Beruang Madu in.

"Bang Jaya juga kebetulan masih mau membantu Persiba dan membantu Liestiadi membenahi tim," kata manajer Faisal Husin hari ini.

Tugas Jaya adalah mencatat kemajuan tim dan memberi masukan pada pelatih. Pada latihan dan pertandingan, misalnya, ia mengamati penampilan pemain untuk membantu pelatih mengambil keputusan baik dalam menentukan line up maupun menyusun taktik dan strategi.

"Tapi wewenang sepenuhnya tetap ada di pelatih, dalam hal ini Liestiadi," kata Faisal Husin.

Liestiadi yang sebelumnya asisten Jaya Hartono di Persiba tengah menantikan debutnya sebagai pelatih Persiba esok Selasa.

Jaya sendiri mengakui tak berkeberatan menjadi direktur teknik Persiba karena masih merasa terikat dengan Persiba dengan menjadi warga kota ini. Jaya menetap dan membuka usaha di Balikpapan.

"Keluarga memang masih di Kediri, tapi mereka akan segera datang," kata Jaya.

Jaya Hartono akan segera membuka sekolah sepakbola di Balikpapan begitu kompetisi selesai nanti.

Hasil buruk yang dialami Persiba sepanjang musim ini membuat Beruang Madu terpuruk di papan bawah klasemen sementara Wilayah Timur Liga Super Indonesia.

Jaya Hartono dianggap yang paling bertanggung jawab hingga kemudian dipecat. Target minimal berada di papan tengah belum tercapai hingga kompetisi tersisa 7 pertandingan.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014