Pemilihan presiden dan pemilihan legislatif sudah selesai. Oleh karena itu menteri, saya berharap kembali aktif dan kembali aktif melanjutkan tugasnya
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar para menteri dapat segera menyelesaikan "pekerjaan rumah" yang penting di 100 hari terakhir sebelum berakhirnya masa jabatan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II pada Oktober nanti.

Hal itu dikatakan Presiden Yudhoyono saat memberikan pengantar dalam rapat kebinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat. Rapat kabinet yang memiliki tiga agenda tersebut, salah satunya membahas program 100 hari terakhir KIB II.

"Berkaitan dengan program 100 hari terakhir, saya mengajak tuntaskan pekerjaan kita di sini. Pemilihan presiden dan pemilihan legislatif sudah selesai. Oleh karena itu menteri, saya berharap kembali aktif dan kembali aktif melanjutkan tugasnya," kata Presiden SBY.

Untuk itu, presiden meminta Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyiapkan agenda dan "pekerjaan rumah" yang harus segera diselesaikan.

"Yang paling penting 3--5 hal saja yang paling penting (untuk diselesaikan), mengacu pada RKP (Rencana Kerja Pemerintah) 2014 dan APBNP 2014 serta instruksi presiden baik tertulis maupun lisan. Dari situ UKP4 dan Kepala Bappenas akan menentukan apa yang akan dilakukan. Dan dilaporkan kepada saya dan wapres, dan saya akan meneruskan kepada seluruh menteri," kata presiden.

Presiden berharap, di akhir masa jabatannya dapat menyelesaikan tugas-tugas pokok yang penting sehingga turut memudahkan pemerintahan selanjutnya sekaligus memberikan jalan bagi pemerintahan yang lebih baik.

Presiden Yudhoyono dalam rapat tersebut, selain membahas program 100 hari terakhir juga membahas perkembangan situasi pasca Pemilihan Presiden 9 Juli 2014 dan perkembangan situasi di Palestina.

Dalam rapat tersebut, Presiden Yudhoyono didampingi Wakil Presiden Boediono dan dihadiri para menteri KIB II dan jajaran pejabat lainnya di antaranya, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Pendidikan dan Olahraga Roy Suryo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh.

Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung, Menteri Perdagangan M Lutfhi, Menteri Keuangan Chatib Basri, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida S Alisjahbana Menteri Pertanian Suswono, Menteri Kelautan dan Perikanan Cicip Syarif Sutardjo, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri ESDM Jero Wacik, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Kepala Badan Intelijen Nasional Marciano Norman, Kapolri Sutarman dan Jaksa Agung Basrief Arief.
(M041)

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014