Yogyakarta (ANTARA News) - Kelompok mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta mengembangkan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis mobile yang mencakup materi "speaking, writing, listening, reading".

"Aplikasi itu memanfaatkan teknologi mobile pada smartphone. Aplikasi itu mempunyai karakter utama yakni ABI yang akan memandu untuk menggunakan aplikasi," kata ketua kelompok mahasiswa Aziz Amirulbahar di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, aplikasi pembelajaran yang dikembangkan itu diberi nama "Apa Bahasa Inggrisnya". Aplikasi itu berjalan di platform Windows Phone dan ditujukan untuk anak-anak.

"Fitur yang disediakan aplikasi itu adalah kamus bahasa Inggris yang berisi kata-kata dan benda-benda sehari-hari yang ditemui," katanya.

Ia mengatakan fitur "speaking" disediakan untuk menguji kemampuan mengucapkan kata dalam bahasa Inggris dalam bentuk kuis. Fitur "writing" disediakan untuk pengguna mencoba kemampuan menulisnya.

Selain itu, kata dia, juga ada fitur transalator yang akan menjadi kamus biasa yang menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Menurut dia, aplikasi "Apa Bahasa Inggrisnya" itu saat ini sudah bisa diunduh secara gratis di Windows Phone Store.

"Kami memilih membuat aplikasi bahasa Inggris karena bahasa Inggris di Indonesia termasuk peringkat paling rendah, yakni 60 dari 65 di dunia. Padahal, sebenarnya bahasa Inggris itu akan mudah jika dipelajari sejak dini," katanya.

Anggota kelompok pengembang aplikasi "Apa Bahasa Inggrisnya" yang menjadi juara kedua Kompetisi Cipta Aplikasi Edukasi Unity itu adalah Miftah Rizki Hanafi dan Sidiq Nurcahyo.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014