Frankfurt (ANTARA News) - Bank sentral Jerman Bundesbank menurunkan perkiraan pertumbuhan untuk ekonomi Jermanuntuk 2014, 2015 dan 2016.

Bundesbank mengatakan dalam sebuah pernyataan, Jumat, memperkirakan pertumbuhan 1,4 persen untuk 2014, 1,0 persen untuk 2015 dan 1,6 persen untuk 2016.

Sebelumnya, bank telah memproyeksikan pertumbuhan 1,9 persen, 2,0 persen dan 1,8 persen untuk tiga tahun berturut-turut.

"Ekonomi Jerman kehilangan momentum yang cukup besar dalam kuartal kedua dan ketiga 2014 dan pindah ke jalur pertumbuhan datar," tulis Bundesbank, seperti dilaporkan AFP.

"Setelah awal yang cepat tahun ini, yang sebagian didorong oleh kondisi cuaca yang menguntungkan, PDB (produk domestik bruto) riil tidak tumbuh lebih jauh di kuartal kedua dan ketiga ... dan dengan demikian gagal memenuhi harapan proyeksi bank sentral sebelumnya yang diterbitkan pada Juni."

Namun demikian, ekonomi Jerman "masih dalam kondisi sangat baik, yang tidak hanya menguntungkan perekonomian domestik tetapi juga memungkinkan pengekspor Jerman untuk menangkap peluang di pasar luar negeri," kata Presiden Bundesbank Jens Weidmann.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014