Saat ini ada tiga ekskavator menuju lokasi logsor dan besok akan kami tambah lagi,"
Banjarnegara (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya mencoba mendatagkan ekskavator untuk mempercepat evakuasi korban yang tertimbun tanah longsor di Dusun Jemblung Desa Sampang Kabupaten Banjarnegara, Jateng.

"Saat ini ada tiga ekskavator menuju lokasi logsor dan besok akan kami tambah lagi," katanya usai meninjau lokasi longsor di Dusun Jemblung Desa Sampang Kecamatan Karangkobar di Banjarnegara, Sabtu.

Ia mengatakan masing-masing sisi ada lima ekskavator, dari sisi utara lima ekskavator dan dari selatan ada lima ekskavator.

Selain ekskavator, katanya juga didatangkan trukdam untuk mengangkut longsoran.

"Mudah-mudahan trukdam datang malam ini," katanya.

"Kami coba percepat menyingkirkan longsoran tanah yang menutup akses jalan dari Banjarnegara menuju Dieng ini," katanya.

Ia menyebutkan longsor di lokasi ini cukup panjang menutup jalan sepanjang 500 meter, kemudian se buah jembatan dan jalan ambles.

"Kalau evakuasi dilakukan secara manual diperkirakan baru bisa selesai sekitar 10 hari mendatang, kalau menggunakan ekskavator dari sisi selatan dan sisi utara maka bisa dipercepat," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014