Lisbon (ANTARA News) - Yunani harus mengakhiri program dana talangannya (bailout) dan menghindari dana talangan ketiga, kata Perdana Menteri Portugal Pedro Passos Coelho, Selasa.

"Proses negosiasi yang dibuka dengan Eurogroup memungkinkan Yunani untuk mengakhiri programnya, harus ditangani dengan benar," katanya pada konferensi pers dalam sebuah konferensi antara pemerintah Portugal dan Turki di Istana Necessidades di Lisbon, menurut kantor berita Portugal Lusa, seperti dikutip Xinhua.

"Ini sangat penting bagi stabilitas zona euro dan Uni Eropa bahwa program di Yunani berakhir," tambahnya.

Eurogroup baru-baru ini memutuskan untuk memperpanjang dana talangan Yunani selama empat bulan lagi. Dana talangan diharapkan berakhir pada 28 Februari.

Passos Coelho mengatakan bahwa negara itu harus menghindari dana talangan ketiga, menambahkan bahwa "penting" bagi negara tersebut untuk mengakhiri program yang mereka jalani.

"Saya berharap bahwa kesempatan yang diberikan, setelah permintaan memadai pemerintah Yunani, dimanfaatkan dengan baik sehingga Yunani dapat menyimpulkan negosiasinya, menutup fase ini, dan jika ingin melakukannya, berada dalam situasi yang lain."
(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015