Jakarta (ANTARA News) - Laporan Future Traveller Tribes 2030 dari penyedia solusi teknologi industri perjalanan global Amadeus memperkirakan setiap tahun lebih dari 1,8 miliar orang akan bepergian ke luar negeri pada 2030.

Laporan yang dibuat berdasarkan wawancara, lokakarya dan penelitian tren konsumen di Indonesia, Australia, Tiongkok, India, Jepang dan Korea Selatan itu menyebutkan bahwa pelancong masa depan terdiri atas enam kelompok berikut:

1. Social Capital Seekers (Pencari Modal Sosial). Mereka adalah pelancong yang merencanakan liburan berdasar rekomendasi pengguna Internet dan teman-teman. Pilihan mereka terbentuk dari keinginan untuk mendapatkan penghargaan sosial maksimal dari perjalanan mereka.

2. Cultural Purist (Puris Budaya). Bagi kelompok pelancong ini, liburan adalah kesempatan untuk melebur dengan budaya lain meski terasa tidak nyaman. Semakin asli pengalaman mereka dalam budaya baru, liburan akan terasa semakin nikmat.

3. Ethical Travellers (Musafir Etis). Mereka membuat rencana perjalanan berdasar pertimbangan moral, misalnya mengurangi emisi karbon atau memperbaiki kehidupan orang lain. Berbagai improvisasi yang berbau sosial akan mewarnai liburan, seperti pengembangan masyarakat dan pelestarian lingkungan.

4. Simplicity Searchers (Pencari Kesederhanaan). Tidak mau ambil pusing dengan rincian rencana perjalanan, tipe pelancong ini lebih menyukai tawaran liburan yang terpaket lengkap. Bagi mereka, liburan adalah saat istimewa untuk memanjakan diri dengan jaminan keselamatan dan kesenangan.

5. Obligation Meeters (Pemenuh Kewajiban). Kelompok ini melancong untuk tujuan tertentu, misalnya keperluan bisnis. Perilaku mereka terbentuk oleh kebutuhan untuk berada di tempat tertentu pada waktu tertentu. Keterbatasan waktu dan anggaran membuat teknologi cerdas menjadi andalan mereka untuk mengatasi kerumitan perjalanan.

6. Reward Hunters (Pemburu Hadiah). Mereka menggunakan perjalanan untuk memenuhi kebutuhan mental, fisik atau bahkan spiritual. Mereka ingin memanjakan diri selama liburan. Banyak yang ingin merasakan pengalaman istimewa dan penghargaan luar biasa dari investasi waktu dan energi selama bekerja.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015