Frankfurt (ANTARA News) - Ekonomi Jerman, yang terbesar di Eropa, tumbuh 0,3 persen pada kuartal I tahun 2015 atau sedikit lebih lambat dari perkiraan menurut kantor statistik federal Destatis, Rabu.

Produk Domestik Bruto (PDB) negara itu menurut Destatis tumbuh 0,3 persen selama Januari-Maret dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya.

Para analis telah memproyeksikan pertumbuhan kuartal pertama 0,5 persen setelah PDB negara itu meningkat 0,7 persen pada kuartal keempat 2014.

"Ekonomi Jerman melanjutkan pertumbuhan, tetapi pada momentum yang sedikit lebih lambat di kuartal pertama," demikian menurut pernyataan Destatis yang dikutip kantor berita AFP.

Penggerak utama pertumbuhan negara itu adalah permintaan domestik, dengan pengeluaran sektor rumah tangga dan sektor publik meningkat.

Investasi juga meningkat, terutama di konstruksi dan peralatan. Ekspor meningkat sedikit dan impor naik lebih kuat.

Pada perbandingan 12-bulan, PDB tumbuh sebesar 1,1 persen pada periode Januari-Maret dibandingkan dengan tiga bulan yang sama tahun sebelumnya, kata Destatis.

Kantor statistik menyatakan akan mempublikasikan laporan yang lebih rinci terkait komponen-komponen PDB yang berbeda pada 22 Mei. (Uu.A026)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015