Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menegaskan tidak ada kompromi dan memerintahkan ada langkah yang tegas dalam penegakan hukum bagi pelaku perusakan lingkungan.

"Saya hanya ingin menegaskan kembali, bahwa tidak ada kompromi untuk illegal fishing (pencuri ikan), illegal maining (tambang liar), illegal logging (perusak hutan) yang meyebabkan kerusakan lingkungan yang luar biasa," kata Jokowi saat konferensi pers di Istana Bogor, Jumat.

Presiden menegaskan bahwa pihaknya akan memrintahkan aparat keamanan untuk mengambil langkah yang tegas dalam penegakan hukum terhadap perusak lingkungan tersebut.

Pada saat pidato peringatan Hari Lingkungan Dunia yang dipusatkan di Istana Bogor, presiden menegaskan komitmen pemerintah meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup, sehingga harus ada pengaturan tata ruang.

"Tata ruang penting sekali, terutama yang saya lihat di lapangan, di sektor pertambangan, perhutanan, kelautan, ini yang banyak di lapangan perlu perhatian khusus," kata presiden.

Jokowi menegaskan pengelolaan lingkungan ini juga diikuti langkah tegas terhadap pelaku kejahatan lingkungan hidup.

"Mari jadikan bumi sebagai tempat yang nyaman, bumi bisa mencukupi kebutuhan seluruh manusia, tapi tak akan cukup

memenuhi kebutuhan segelintir orang yang serakah," tegas presiden.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015