... proposal Yunani untuk perjanjian saling menguntungkan yang akan memberikan solusi yang pasti dan bukan penundaan dalam mengatasi masalah...
Brussels (ANTARA News) - Pemimpin Staf untuk Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker, Martin Selmayr, menyebut usulan terbaru dari Yunani untuk mengatasi krisis utang negara itu sebagai dasar yang baik untuk kemajuan.

Hal itu dia sampaikan dalam pembicaraan antara para pemimpin zona Eropa (eurozone) pada Senin.

Dalam sebuah kicauan di akun Twitter, Martin Selmayr mengatakan usulan Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, telah diterima Juncker, Kepala ECB (European Central Bank), Mario Draghi, dan Kepala IMF, Christine Lagarde.

"Dasar yang baik untuk kemajuan di... KTT Eropa," demikian tulis Selmayr, dalam bahasa Inggris.

Selmayr, yang memang berasal dari Jerman, menambahkan: "Dalam bahasa Jerman, eine Zangengeburt; yang berarti pengiriman gunting tang (untuk operasi). Namun, dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Para pejabat dari Uni Eropa dan para kreditur Yunani lainnya telah bekerja selama empat bulan untuk mengatasi perbedaan dan melepaskan dana untuk Yunani, karena khawatir negara itu akan kehabisan uang tunai bulan ini.

Uni Eropa menyambut proposal baru dari Tsipras, sebagai dasar yang baik untuk kemajuan pada pembicaraan Senin ini, di mana para kreditur melakukan konsesi selama 11 jam untuk mengangkat Yunani keluar dari ambang kebangkrutan.

Setelah empat bulan perselisihan dan dengan para deposan yang cemas menarik miliaran euro dari bank-bank Yunani, pemerintahan Tsipras pada akhir pekan menunjukkan kemauan baru untuk membuat konsesi yang akan mencairkan dana bantuan beku untuk mencegah kebangkrutan Yunani.

Masih belum jelas seberapa jauh proposal baru yang diajukan Yunani dapat memenuhi tuntutan kreditur untuk pemotongan belanja tambahan dan kenaikan pajak, tetapi tawaran itu merupakan secercah harapan kesepakatan menit terakhir mungkin belum terlambat, sebelum Yunani kehabisan uang.

PM Tsipras menghabiskan banyak waktu di hari Minggu untuk mengikuti rapat kabinet maraton dan membahas tawaran baru Yunani dengan pemimpin Jerman, Prancis dan Komisi Eropa melalui telepon.

"Perdana menteri menunjukkan kepada tiga pemimpin proposal Yunani untuk perjanjian saling menguntungkan yang akan memberikan solusi yang pasti dan bukan penundaan dalam mengatasi masalah," kata pernyataan dari kantor Tsipras.

PM Yunani itu akan bertemu Juncker, Draghi, Lagarde, dan Ketua Menteri Keuangan zona Eropa, Jeroen Dijsselbloem, pada 11.00 pagi (waktu setempat), kata seorang juru bicara Uni Eropa.

Para menteri keuangan zona Eropa (eurozone) dijadwalkan untuk bertemu 90 menit kemudian, dan sebuah pertemuan tingkat tinggi antara para perdana menteri dan presiden zona Eropa dijadwalkan pada pukul 07.00 malam (waktu setempat).

Yunani mememperoleh waktu sampai akhir Juni untuk menyetujui kesepakatan reformasi guna mengamankan sisa dari dana talangan bernilai multi-miliar euro, yang diperlukan negara itu untuk menghindari kegagalan pembayaran utang pada IMF sebesar 1,6 miliar euro.

Para analis telah lama memperingatkan, kegagalan itu kemungkinan dapat memicu rantai peristiwa yang mengarah ke suatu hal yang disebut Grexit (Greece exit), yang berarti Yunani meninggalkan zona ekonomi Eropa.

Pada Rabu (17/6) bank sentral Yunani memperingatkan bahwa negara yang kekurangan uang itu bisa terlempar keluar dari zona ekonomi Eropa dan bahkan dari Uni Eropa jika gagal mencapai kesepakatan dana talangan dengan kreditur internasional.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras terpilih pada Januari dengan janji untuk mengakhiri masa penghematan selama lima tahun di Yunani sebagai dampak dari dua dana talangan internasional sejak 2010, yang diambil pemerintah Yunani untuk membayar utang yang muncul akibat pengeluaran berlebihan selama bertahun-tahun, termasuk saat menjadi tuan rumah Olimpiade 2004 di Athena.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015