Jakarta (ANTARA News) - CEO BlackBerry John Chen mengatakan bahwa BlackBerry kemungkinan akan menciptakan handset bebas bakteri, sebagai upaya membantu penjualan ponsel dan layanan BlackBerry untuk rumah sakit.

Namun, Chen menjelaskan bahwa ponsel seperti itu belum dikembangkan oleh BlackBerry.

Kepala petugas informasi medis di penyedia layanan kesehatan Mackenzie Health, Aviv Gladman, mengatakan bahwa mencegah pasien dari bakteri dan infeksi adalah masalah yang serius.

Menurut Gladman, dokter dan perawat seharusnya menyeka ponsel mereka dengan alkohol setiap kali masuk dan keluar kamar rumah sakit.

Handset dapat menyebarkan kuman ke seluruh rumah sakit. Tes yang dilakukan oleh Journal of Applied Microbiology menemukan bahwa 20 persen hingga 30 persen kuman berpindah dari ponsel ke tangan.

Menurut Gladman, infeksi yang terjadi di rumah sakit merupakan salah satu penyebab utama kematian di rumah sakit.

Chen mengatakan bahwa pekerja medis akan dimudahkan dengan tidak lagi menyeka ponsel jika mereka memiliki ponsel BlackBerry bebas bakteri.

Chen sendiri berada di Mackenzie Richmond Hill Hospital dalam rangka mengumumkan kemitraannya dengan Cisco dan ThoughtWire.

Ketiga perusahaan tersebut akan mempersenjatai dokter dan perawat di rumah sakit itu dengan pesan portabel dan sistem peringatan, di mana BlackBerry berperan sebagai penyedia perangkat lunak.

Hal tersebut membuktikan bahwa BlackBerry saat ini memindahkan fokusnya dari pasar handset konsumen ke penyedia perangkat lunak untuk pasar enterprise, demikian Phone Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015