Jakarta (ANTARA News) - Jumlah penumpang mudik yang berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma pada lima hari sebelum lebaran atau H-5 meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan hari-hari normal.

"Peningkatan jumlah penumpang kali ini signifikan. Selain karena ada tambahan maskapai, juga karena ada extra flight sebanyak enam penerbangan," kata General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Halim Perdanakusuma Iwan Krishadianto saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura II, jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Halim pada Minggu (12/7) malam lalu mencapai 5.660 penumpang melalui 35 penerbangan. Pada hari biasa, Bandara Halim memberangkatkan sekitar 3.000 penumpang dalam sehari.

Sementara itu, hingga pukul 13.00 WIB Senin ini, jumlah penerbangan dari Bandara Halim mencapai 2.063 penumpang dengan 11 penerbangan.

"Untuk hari ini (Senin) diperkirakan jumlah penumpang yang diberangkatkan kurang lebih sama dengan kemarin," kata Iwan.

Iwan juga menambahkan, sejauh ini penerbangan dari Bandara Halim terlaksana sesuai jadwal keberangkatan dan tidak ada delay atau penundaan keberangkatan yang cukup signifikan.

Jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Halim terus meningkat sejak tujuh hari sebelum lebaran atau H-7. Pada H-7 jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai 3.168 penumpang.

Kemudian, pada enam hari sebelum lebaran atau H-6, jumlah penumpang meningkat dengan signifikan mencapai 5.067 penumpang.

Meningkatnya jumlah penumpang tidak lepas dari mulai penambahan penerbangan oleh Maskapai Citilink dari 20 penerbangan menjadi 26 penerbangan dari Bandara Halim dalam sehari. Selain itu, peningkatan juga disebabkan beroperasinya Maskapai Batik Air sejak Februari lalu yang melayani 6 penerbangan dari Bandara Halim. 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015