Jakarta (ANTARA News) - Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) akan menggelar rangkaian peringatan hari listrik nasional (HLN) ke-70 pada 25-31 Oktober 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang.

Dengan mengusung tema Ketahanan. Energi Nasional untuk Pembangunan Berkelanjutan, MKI akan melangsungkan Indonesia Electricity Summit, Konferensi dan Pameran Kelistrikan Nasional, fun walk, coffee morning, serta turnamen golf.

"Kami berharap peringatan HLN ke-70 dapat menjadi momentum yang kuat dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis khususnya kedaulatan energi," kata Ketua Umum MKI Supangkat Iwan Santoso, di Jakarta, Selasa.

Menurut Iwan, membangun infrastruktur tenaga listrik di suatu daerah dapat menjadi penggerak bagi pertumbuhan sosial ekonomi termasuk lapangan kerja hingga penyerapan komponen dalam negeri.

Ia menambahkan bahwa peringatan HLN tahun ini sangat khusus karena pemerintah baru saja mencanangkan pembangunan sarana ketenagalistrikan nasional melalui program pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 35 GW.

"Diharapkan seluruh rangkaian peringatan HLN ke 70 dapat memberikan inspirasi bagi semua stake holder untuk mendukung dan ikut mensukseskan program pemerintah tersebut," tuturnya.

Ketua Panitia HLN ke-70 Sri Andiri mengatakan Indonesia Electricity Summit, Konferensi dan Pameran Kelistrikan Nasional, akan diikuti oleh seluruh stakeholder kelistrikan dan pendukungnya yang berkiprah di Indonesia, meliputi pemerintah, swasta, dan akademisi.

Selain itu, sekitar 80 perusahaan terkemuka bidang energi dan ketenagalistrikan akan turut serta pada pameran kelistrikan.

"Listrik bukan milik PLN tetapi milik semua masyarakat. Semua butuh listrik. Peringatan HLN nanti juga agar masyarakat tahu bahwa negara sedang bangun listrik," kata Sri.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015