Kudus (ANTARA News) - Indonesia memastikan dua tiket semifinal ganda campuran U-17 di Arena Blibli.com Badminton Asia U-17 dan U-15 Junior Championships 2015 menyusul keberhasilan dua tim ganda campuran Indonesia mengalahkan lawan-lawannya di GOR Djarum Jati, Kudus, Jateng, Jumat.

Tim pertama yang memastikan diri lolos ke semifinal, yakni Phita Haningtyas Mentari yang biasa akrab disapa Mentari berpasangan dengan Alfandy Rizki Kasturo, sukses melaju usai membukukan kemenangan pada laga perempat final.

Berhadapan dengan wakil Malaysia, Xin Yuan Boon/Sueh Jeou Tan, Alfandy/Mentari dipaksa bertarung dalam laga tiga game.

Menang 21-17 di game pembuka, mereka justru terus tertinggal disepanjang game kedua.

Tertinggal 7-11 di interval, Alfandy/Mentari tak mampu berbuat banyak di sisa game sehingga harus menyerah 13-21.

Sementara di laga penentuan, wakil Indonesia tersebut bisa kembali ke jalur permainan mereka seperti di partai pembuka dan akhirnya memastikan tiket ke semifinal setelah unggul 21-17.

Mentari ditemui usai laga di Kudus, Jumat, mengakui, pada game kedua banyak melakukan kesalahan sendiri serta hilang konsentrasi.

Atlet yang bergabung dengan Jaya Raya di tahun 2012 ini menjelaskan, bahwa mereka bisa kembali ke permainan pada laga penentu dan akhirnya memastikan tiket ke semifinal setelah unggul 21-17.

Mentari yang lahir di Jakarta, 1 Juli 1999 ini mengaku, kini dirinya bersama pasangannya tengah membidik gelar juara.

"Kesempatan ini merupakan yang terakhir bagi saya untuk bisa mengikuti turnamen khusus junior U-17," ujar peraih juara Djarum Sirnas Palembang tersebut.

Terlebih lagi, kata dia, pada turnamen tersebut dirinya haya bisa bermain di ganda campuran U-17, bukannya di ganda putri.

Persiapan yang dilakukan, kata dia, cukup matang dan target gelar juara sepertinya tidak bisa dikompromikan lagi.

Di laga semifinal besok (10/10), Alfandy/Mentari akan menantang Su Li Wei/Chang Yu Hsuan asal Taipei.

Calon lawannya itu, sukses menekuk unggulan empat asal Thailand, Weeraphat Phakjarung/Thanapim Kaweenuntavong dengan 19-21, 21-19 dan 21-18.

Pada tahun 2015, selain menjadi juara Djarum Sirnas Palembang, Alfandy/Mentari pun berhasil masuk semifinal Djarum Sirnas Bogor dan juga semifinal Singapore International Series 2015.

Jejak Alfandy/Mentari berhasil diikuti oleh wakil Indonesia asal Exist, Renaldi Samosir/Hediana Marbela.

Mereka lolos usai mengalahkan unggulan tiga asal Singapura, Wen Xing Abel Tan/Jia Ying Crystal Wong dengan 21-19 dan 21-18.

Sementara pasangan Fiesal Wiranto/Ribka Sugiarto gagal mengikuti jejak kedua pasangan sebelumnya.

Berhadapan dengan unggulan dua asal Thailand, Pachaarapol Nipornram/Nattakhorn Jaiareree, Fiesal/Ribka dipaksa tunduk dengan 22-20, 20-22 dan 14-21.

Pewarta: Akhmad NL
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015