Sebelum detik-detik pergantian tahun bakal dilaksanakan doa bersama lintas agama, selanjutnya dilakukan pelepasan 2.016 lampion di Candi Borobudur dan di 20 desa sekitar Candi Borobudur,"
Magelang (ANTARA News) - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko bakal menggelar pesta rakyat pada malam pergantian Tahun Baru 2016 di kompleks Candi Borobudur dengan mengusung tema "Borobudur Nite 2015".

Direktur Pemasaran dan Kerja Sama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Ricky Siahaan di Magelang, Selasa, mengatakan, pada malam pergantian tahun tersebut ditampilkan Borobudur Music Nite dengan menampilkan musisi kenamaan Rio Febrian dan Fariz RM di Taman Lumbini.

Selain itu, katanya juga diselenggarakan pentas kesenian tradisional dari 20 desa di sekitar Candi Borobudur.

"Sebelum detik-detik pergantian tahun bakal dilaksanakan doa bersama lintas agama, selanjutnya dilakukan pelepasan 2.016 lampion di Candi Borobudur dan di 20 desa sekitar Candi Borobudur," katanya.

Ia mengatakan sejumlah 20 kelompok kesenian secara serempak bakal pentas di wilayah masing-masing sehingga seluruh masyarakat Borobudur bisa menikmati pesta rakyat pada malam pergantian tahun nanti.

Kepala Departemen Pemasaran PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Emilia Eny Utari mengatakan, untuk Borobudur Nite 2015 akan menampilkan musik dengan harga tiket platinum class dan festival class.

Pada platinum class ditargetkan 250 pengunjung sekarang sudah terjual 125 tiket, sedangkan festival class ditarget 1.000 sekarang terjual 400 tiket.

"Kebanyakan yang telah memesan tiket berasal dari Jakarta, Lampung, Sumatera dan Jateng. Biasanya menjelang pelaksanaan banyak yang membeli. Pengalaman tahun lalu pada pukul 23.00 WIB, turis dari Jepang ada yang masih membeli karena ingin menerbangkan lampion," katanya.

Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Chrisnamurti Adiningrum mengatakan khusus untuk mengamankan malam pergantian tahun diterjunkan 100 personel dari Polres Magelang dan satpam dari TWCB. Pihaknya berharap acara tersebut berlangsung dengan aman dan lancar.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015